Ramadan 2016

Lipatan Kaki Tidak Sesuai Saat Duduk Tahiyat Akhir, Apakah Salat Tarawih Sah?

Saat saya duduk terakhir salat Tarawih, lipatan kaki tidak sesuai lipatannya karena sakit dan terguling akibat badan gemuk. Apakah tarawih saya sah?

Lipatan Kaki Tidak Sesuai Saat Duduk Tahiyat Akhir, Apakah Salat Tarawih Sah?
IST
ibadah salat tarawih. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kepada Yth Ketua MUI Lampung. Saat saya duduk terakhir salat Tarawih, lipatan kaki tidak sesuai lipatannya karena sakit dan terguling akibat badan gemuk. Apakah tarawih saya sah?

Terima kasih atas penjelasan.

Pengirim: +6285369635xxx

Tidak Batalkan Salat

Kami jelaskan bahwa posisi duduk antara dua sujud, maupun posisi diduk saat tahiyat awal (iftitosy), atau saat tahiyat akhir (tawaruk), bukanlah bagian dari rukun salat.

Karena itu, orang yang sedag salat wajib mapun salat sunah, termasuk Tarawih, saat duduk di antara dua sujud, ataupun saat duduk di tahiyat awal maupun tahiyat akhir sebagaimana mestinya, tidaklah membatalkan salat.

Apalagi, orang yang sedang uzur syari, seperti sakit kaki akibat terjatuh atau sebab-sebab lain, sehingga kakinya terkilir.

Namun demikian, bagi orang yang dalam keadaan sehat wal afiat, dan tidak bermasah terhadap kedua kakinya, memang sangat dianjurkan, karena hal itu adalah kesunnahan.

Orang yang bersangkutan supaya melakukan posisi iftirosy saat duduk di antara dua sujud, dan saat duduk ditahiyat awal. Demikian pula, duduk dengan posisi tawaruk saat posisi duduk di tahiyat akhir.

Khairuddin Tahmid
Ketua MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved