Ramadan 2016

Usai Puasa Ramadan Badan Justru Tambah Gemuk, Ini Alasannya

Saya mau tanya, apakah kebanyakan konsumsi makanan manis di bulan puasa, seperti kolak, bubur, dan sebagainya, dapat memicu peningkatan lemak?

Usai Puasa Ramadan Badan Justru Tambah Gemuk, Ini Alasannya
net
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kepada Yth Dokter Kesehatan. Saya mau tanya, apakah kebanyakan konsumsi makanan manis di bulan puasa, seperti kolak, bubur, dan sebagainya, dapat memicu peningkatan lemak?

Terima kasih.

Pengirim: +6281979854xxx

Bisa Buat Badan Jadi Gemuk

Berbuka dengan makanan manis, memang dianjurkan. Karena menjelang berbuka, kadar gula dalam darah kita memang rendah. Rendahnya kadar gula dalam darah yang membuat kita merasa lemas.

Makan atau minum manis saat berbuka, dianjurkan untuk menaikkan kadar gula dalam darah, dan mengembalikan kesegaran tubuh. Namun lagi-lagi, hal yang harus diperhatikan adalah kadar gula yang dikonsumsi.

Saat berbuka, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi kerap tidak padat. Sehingga, saat kadar gula sudah meningkat, perut masih terasa lapar.

Jika makanan berat yang dikonsumsi setelahnya juga mengandung banyak gula, maka konsumsi gula kita hari itu sangat banyak. Jika hal ini terus berulang selama puasa, jangan kaget ketika Ramadan berakhir, badan kita justru jadi semakin gemuk.

Kemudian, peningkatan lemak di dalam tubuh terjadi karena asupan makanan yang mengandung kalori tinggi, seperti makanan dan minuman yang manis tersebut.

Dengan adanya makanan tersebut, lemak akan terus menumpuk dalam tubuh, dan dapat memicu terjadinya berbagai penyakit.

Endang Budiati
Dokter Swasta Kota Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved