Ini Dampak Negatif Anak Perempuan Idolakan Putri Salju

Seorang profesor kehidupan keluarga mempelajari 198 anak usia pra sekolah yang sering berinteraksi dengan putri Disneylewat buku cerita, dan mainan

Ini Dampak Negatif Anak Perempuan Idolakan Putri Salju
DAILYMAIL.COM

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sebuah studi menyimpulkan bahwa anak-anak perempuan yang terlalu sering bermain dan menonton film Disney mengenai Snow White atau Putri Salju, Cinderella, dan sebagainya, tumbuh dengan rasa menghargai diri sendiri yang rendah.

Studi yang digagas oleh Brigham Young University (BYU) mengungkapkan bahwa anak perempuan yang hobi menonton film putri Disney dan terekspos dengan kehidupan fiktif para putri tersebut, berpotensi tidak percaya diri dan rentan mengalami streotipe jender.

Studi yang dipimpin oleh Sarah M. Coyne, seorang profesor kehidupan keluarga mempelajari 198 anak usia pra sekolah yang sering berinteraksi dengan putri Disney, baik lewat buku cerita, mainan, suvenir, dan film.

Kemudian Coyne mengevaluasi perilaku mereka selama satu tahun melalui laporan dari orangtua dan guru.

Para responden anak juga diminta untuk mengurutkan mainan favorit mereka secara umum.

Peneliti menemukan bahwa 96 persen anak perempuan dan 87 persen anak lelaki pernah atau sering bermain segala hal berkaitan dengan Putri Disney.

Lalu, sebanyak 61 persen anak perempuan bermain Putri Disney satu pekan sekali, dan empat persen anak lelaki yang bermain mainan serupa.

Kebiasaan bermain dengan Putri Disney ini berpengaruh pada perilaku seluruh responden anak pada tahun berikutnya.

Ternyata, studi menemukan pengaruh Putri Disney cenderung lebih positif pada anak lelaki, mereka lebih menghargai perbedaan penampilan pada wanita dan lebih penolong.

Namun, dampak buruk jelas terlihat pada pertumbuhan anak perempuan. Pasalnya, peneliti membeberkan bahwa sebagian besar anak perempuan begitu rendah menghargai diri sendiri dan tidak percaya diri.

Halaman
12
Editor: martin tobing
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved