Tahun Ajaran Baru Sekolah

Siswa Baru Diimbau Kenali Lingkungan Sekolah Selama MPLS

"Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah,"

Siswa Baru Diimbau Kenali Lingkungan Sekolah Selama MPLS
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengimbau para siswa yang baru masuk sekolah untuk mengenal lingkungan sekolah barunya dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada upacara gabungan SMA Negeri 70 dan 6.

"Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah," kata Djarot di hadapan para siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017, Senin (18/7).

MPLS harus menjadi sarana bagi siswa baru untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik.

"Kalian harus menyenangi lingkungan, mengetahui hak dan kewajiban sebagai siswa," kata Djarot.

Ia tidak ingin MPLS berubah menjadi perpeloncoan yang memberikan tugas-tugas tidak masuk akal apalagi melibatkan kekerasan fisik maupun psikis.

Hari ini, seluruh siswa baru SMA 70 maupun mengenakan seragam putih-biru dan tidak terlihat mengenakan atribut di luar seragam.

Djarot menambahkan di masa lalu, ia masih melihat ada siswa yang mengenakan tas dari kantong plastik dan sepatu yang berlainan jenis di kaki kanan dan kiri, ia menyebutnya sebagai tindakan yang tidak bermanfaat.

"Itu bukan untuk menumbuhkan rasa berani dan percaya diri, justru mempermalukan."

Selain itu, ia berharap kasus kekerasan dan perundungan, yang pernah terjadi di kedua sekolah tersebut tidak lagi terulang.

"Berbagai pengalaman masa lalu sudah ditutup dan tidak ada lagi. Tidak ada lagi tawuran, bullying, stop, selesai. Tindakan itu akan menyakiti kita semua. Mari melalui MPLS saling menghormati, menyayangi," kata dia.

Editor: Reny Fitriani
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved