TNWK Akan Ditetapkan Sebagai Taman Pusaka ASEAN

Menurut Sutono, AHP adalah suatu kesepakatan antarnegara ASEAN, dalam mengelola kekayaan alam.

TNWK Akan Ditetapkan Sebagai Taman Pusaka ASEAN
TRIBUN LAMPUNG/Noval Andriansyah
Plt Sekprov Lampung Sutono (tengah) didampingi Kepala Bappeda Lampung Taufik Hidayat (kiri), dan Kabiro Protokol dan Humas Bayana (kanan), saat menggelar konferensi pers terkait Lampung sebagai tuan rumah ASEAN Heritage Parks di ruang kerja sekprov, Jumat (22/7/2016) sore. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Lampung Timur (Lamtim) akan ditetapkan sebagai Taman Pusaka ASEAN atau ASEAN Heritage Park (AHP) ke-36.

Penetapan TNWK sebagai AHP akan dilakukan dalam acara The Fifth of The AHP Comitte Meeting ke-5, pada 25-27 Juli 2016.

Gelaran The Fifth of The AHP Comitte Meeting akan terpusat di The 7th Hotel and Convention Center Lampung.

Pertemuan tersebut akan dihadiri 10 duta besar negara ASEAN, yakni Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Sutono.

Menurut Sutono, AHP adalah suatu kesepakatan antarnegara ASEAN, dalam mengelola kekayaan alam.

AHP, kata Sutono, merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN, yang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang unik, dan mempunyai nilai yang tinggi.

“Melalui deklarasi ASEAN tentang Heritage Parks and Reserves, negara-negara anggota ASEAN sepakat mengelola AHP secara efektif. Sehingga, dapat memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan, dan melestarikan keragaman genetik. Selain itu, untuk memastikan keberlanjutan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan, serta menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi, dan pariwisata,” ujar Sutono di ruang kerjanya, Jumat (22/7/2016).

Ke-10 delegasi negara ASEAN, lanjut Sutono, akan diajak untuk mengunjungi TNWK, dengan dipimpin Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Penulis: Noval Andriansyah
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved