Terungkap Dalam Proses Pembagian KIS, Faskes I Warga Pringsewu Tercetak di Rawa Jitu

Sejumlah Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didistribusikan di wilayah Kabupaten Pringsewu mengalami kesalahan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pert

Terungkap Dalam Proses Pembagian KIS, Faskes I Warga Pringsewu Tercetak di Rawa Jitu

 Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Sejumlah Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang didistribusikan di wilayah Kabupaten Pringsewu mengalami kesalahan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Faskes tersebut tidak sesuai dengan puskesmas domisili penerima manfaat.

Keadaan itu diungkap oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pringsewu Solihin. Dia menuturkan bila faskes pertama penerima manfaat ini ada yang di luar kecamatan dan bahkan luar kabupaten.

"Dari wilayah Kecamatan Pringsewu ada yang faskes pertamanya di Puskesmas Rawa Jitu (Tulangbawang), " ujar Solihin saat ditemui di kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Sosial No 5 Tahun 2016, Senin (25/7) di Aula
Bappeda Pringsewu.

Solihin belum tahu secara pasti berapa jumlah ketidaksesuaian faskes tingkat pertama ini. Menurut dia, dari 15 pekon di Kecamatan Pringsewu baru tiga pekon yang sudah mendapat distribusi KIS.

Sebab, pendistRibusian tersebut belum selesai. Sedangkan dari tiga pekon itu, dikatakan Solihin, ketidaksesuaian faskes ini ada sekitar 20 kartu. Oleh karena itu ldia khawatir, apabila pemegang kartu sakit tidak dapat digunakan di puskesmas setempat.

Sebab, faskes tingkat pertamanya ada di wilayah lain. Kepala Unit Manajemen Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung Edi Wiyono mengakui bila ketidaksesuaian faskes ini juga terjadi di tempat lain.

Dia menyarankan supaya kartu yang salah faskes tingkat pertama supaya didistribusikan. Tapi, dengan catatan admin data tetap direkap untuk.laporan ke pusat supaya dipindahkan. Apa bila terdapat pemegang kartu sakit sebelum faskes dipindahkan, dia meminta kebijakan dari Dinas Kesehatan.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved