Pertumbuhan Ekonomi Lampung Triwulan II 4,33 Persen

Secara triwulanan, perekonomian Lampung pada triwulan II tahun 2016 mencatat pertumbuhan sebesar 4,33% (qtq) yang merupakan pertumbuhan tertinggi di

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Kinanti 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Secara triwulanan, perekonomian Lampung pada triwulan II tahun 2016 mencatat pertumbuhan sebesar 4,33% (qtq) yang merupakan pertumbuhan tertinggi di Sumatera. Krmudian secara tahunan mencatat pertumbuhan sebesar 5,21% (yoy) yang juga lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,05% (yoy).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan mengatakan, pesatnya kegiatan ekonomi Provinsi Lampung pada triwulan II tahun 2016 terutama didorong oleh meningkatnya kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi. Konsumsi rumah tangga yang tumbuh meningkat didorong oleh meningkatnya konsumsi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kemudian, adanya gaji ke-13 dan ke-14, serta terkendalinya inflasi yang dalam 7 bulan terakhir secara year to date (ytd) masih di bawah 1% (0,91%; ytd).

Sementara itu, meningkatnya investasi sejalan dengan akselerasi beberapa proyek pembangunan infrastruktur Pemerintah Daerah maupun swasta. Seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga mini gas (PLTMG) Sutami dan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulubelu unit 3 dan 4, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, perluasan Bandara Radin Inten II,serta pembangunan dan rehabilitasi dermaga di Pelabuhan Bakauheni.

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved