Kartini Muljadi, Perempuan Satu-satunya dari Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia

Menurut Forbes, kekayaan yang beliau miliki di tahun 2015 mencapai 715 milliar dollars, atau setara dengan 9,3 triliun rupiah.

Kartini Muljadi, Perempuan Satu-satunya dari Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia
finansial.bisnis.com
Kartini Muljadi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menjadi seorang kepala rumah tangga dan bertugas mencari nafkah untuk keluarga, memang menjadi tugas utama seorang pria. Namun, bagaimana bila tugas tersebut diambil alih oleh seorang perempuan, dan hasilnya pun tidak main-main. Tak hanya mencukupi kebutuhan keluarga, namun juga masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Bagaimana reaksi Anda?

Ialah Kartini Muljadi, seorang perempuan asal Kebumen yang namanya masuk dalam 50 besar orang terkaya di Indonesia, versi majalah Forbes. Menurut Forbes, kekayaan yang beliau miliki di tahun 2015 mencapai 715 milliar dollars, atau setara dengan 9,3 triliun rupiah.

Namun keberhasilannya sekarang bukanlah tanpa sebab. Diusia mudanya, beliau berjuang keras demi menghidupi keluarganya.

Terlahir di keluarga yang cukup mapan, membuat perempuan yang kini berusia 86 tahun dapat menempuh pendidikan cukup tinggi. Setidaknya, beliau pernah menempuh pendidikan di tiga tempat berbeda yakni di Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Hingga akhirnya, beliau pun mendapat gelar sarjana hukum.

Setelah mendapat gelar tersebut, ia pun menikah dengan seorang pemuda yang tak lain adalah rekannya sendiri. Namun tak lama, takdir pahit harus beliau terima. Sang suami meninggal ketika keluarganya membutuhkan sosok seorang pemimpin keluarga karena sudah memiliki dua orang anak.

Keadaan inilah yang kemudian membuat Kartini Muljadi berusaha keras untuk menghidupi keluarganya. Setelah mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai hakim karena penghasilan yang dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, beliau mendaftar menjadi seorang notaris.

Karena pengalaman serta koneksinya yang luas, beliau dapat beradaptasi dengan baik di dunia notaris. Disamping menjadi notaris, beliau pun sempat mengajar di berbagai universitas hukum di Jakarta.

Di tahun 1990an beliau mencapai puncak karirnya. Setelah keluar dari dunia notaris, beliau bersama rekan- rekannya membuat sebuah kantor konsultan dengan nama Muljadi&rekan. Karena perusahaan inilah, beliau kemudian dapat semakin melebarkan sayapnya.

Dengan usaha beliau di masa lalu, kini anak-anaknya mampu mendirikan kelompok perusahaan bisnis sendiri dengan nama Tempo Scan Group. Karena inilah, di tahun 2015 Kartini Muljadi masuk dalam 50 besar orang terkaya di Indonesia, tepatnyadi urutan 38.

Apa yang Kartini Muljadi capai merupakan bukti nyata bahwa perbedaan gender tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk mendapatkan kesuksesan besar. Usaha dan keyakinan selalu berbanding lurus dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved