ADVERTORIAL

Kolam Mandi Gajah di PKG Way Kambas Perlu Perbaikan dan Perawatan

Puluhan gajah jinak yang ada di PKG, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur masih menjalani pola hidup yang kurang sehat

Kolam Mandi Gajah di PKG Way Kambas Perlu Perbaikan dan Perawatan
ist
Kolam Mandi Gajah di PKG Way Kambas Perlu Perbaikan dan Perawatan 

SUKADANA--Puluhan gajah jinak yang ada di Pusat Konservasi Gajah (PKG), Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur masih menjalani pola hidup yang kurang sehat, karena masih minimnya infrastruktur yang ada, seperti kandang dan kolam mandi gajah. Hal itu di ungkapkan dokter gajah PKG, Dedi Candra. 

Menurut Dedi, saat ini di PKG masih terdapat gajah jinak sebanyak 65 ekor, 39 jantan dan 21 betina, gajah sejatinya merupakan binatang yang beraktifitas malam hari dan binatang yang hidup dalam berkelompok, sehingga gajah jinak yang ada di PKG pola hidupnya sudah dibalik, yang seharusnya pada malam hari binatang bertubuh tambun keluar mencari makan ini justru di ikat di dalam kandang, dan siang dipaksa keluar kandang untuk di bawa ke hutan mencari makan. 

"Hal itu sebenarnya sudah salah, tapi tidak bermasalah pada kesehatan gajah kecuali penanganannya dalam memelihara harus membuat gajah nyaman," kata Dedi.

Namun, yang menjadi tidak sehatnya gajah-gajah jinak di PKG yaitu kondisi kolam mandi dan kandang gajah. 

Di PKG terdapat dua buah kolam mandi kondisinya sangat tidak sehat bagi gajah karena airnya keruh dan kotor, apa lagi di musim kemarau kolam mandi gajah sudah menjadi kolam yang airnya tidak pernah berubah karena air yang bersumber dari rawa itu akan mengering jika kemarau. 

Apalagi kolam itu juga sudah lama yakni dibangun sejak 1985 hingga saat ini belum ada perbaikan seperti pengerukan lumpur didalamnya. 

"Jadi"untuk mandi saja sudah tidak sehat, apa lagi gajah meminum air kolam yang kotor itu saat dimandikan, itu salah satu penyebab gajah di PKG terjangkit penyakit" kata Dedi.

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved