Disnakertrans Lampura Akan Berangkatkan 10 KK Transmigran

Menurut dia, sebelum diberangkatkan menuju lokasi transmigrasi, calon transmigran tersebut akan dilakukan seleksi terlebih dahulu.

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Utara akan memberangkatkan sebanyak 10 kepala keluarga transmigran ke ‎Kayong Utara, Kalimatan Barat.

"Setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bahwa lokasi tujuan sudah siap menampung maka 15 KK itu kami berangkatkan," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung Utara, Budi T. Tamin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/9)

Menurut dia, sebelum diberangkatkan menuju lokasi transmigrasi, calon transmigran tersebut akan dilakukan seleksi terlebih dahulu. Pelaksanaan seleksi, akan dilakukan pada Kamis (8/9) mendatang. ‎Seleksi tersebut, akan melibatkan dari pihak pemerintah Provinsi Lampung dan seorang Konselor.

Setelah itu, barulah pengumuman siapa saja yang berhak mengikuti program transmigrasi, yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten setempat. Tujuan transmigrasi tersebut, terangnya untuk pemerataan penduduk.‎ Bagi yang lulus seleksi dan ditetapkan sebagai calon transmigran, mereka akan diberangkatkan pada Bulan Nopember atau Desember mendatang. "Kalau jadwalnya belum tahu, tapi rencanananya transmigran akan berangkat bulan 11 atau bulan 12," ujarnya. (ang)

Yang menarik, terang pria berkacamata ini mengatakan, bagi calon transmigran bukan merupakan yang termasuk eks Gafatar. Hal ini merupakan permintaan dari Pemerintah Kabupaten tujuan, Kayong Utara. "Calon transmigran juga membuat surat pernyataan mereka bukan termasuk eks. Gafatar," katanya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara kini telah memulangkan sebanyak 154 orang eks Gafatar asal Lampura. Dari jumlah itu, eks Gafatar paling banyak berasal dari Desa Bumi Restu, Kecamatan Abung Surakarta, yaitu sebanyak 77 orang.

Menurut Sekretaris Diñas Sosial, Tenaga kerja dan Transmigrasi Lampura, Budi trisno Tamin, pemulangan eks Gafatar ini dilakukan sebanyak tiga gelombang. Yaitu tahap pertama pada 31 Januari 2016, tahap kedua 16 Februari 2016 dan yang terakhir pada 28 Februari 2016.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved