Menteri PUPR Pastikan Renovasi Gelora Bung Karno dan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Oktober 2017

Untuk wisma atlet Kemayoran, Basuki mendapat laporan progres sudah mencapai 22 persen. Sementara, menurut Basuki, penataan kawasan sekitar area GBK

Menteri PUPR Pastikan Renovasi Gelora Bung Karno dan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Oktober 2017
Kompas Images
Kompleks Gelora Bung Karno. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis, proyek renovasi Gelora Bung Karno (GBK) dan pembangunan wisma atlet Kemayoran selesai pada Oktober 2017. Hal itu sejalan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018 nanti.

"Saya optimis akan selesai sesuai target semuanya Oktober 2017 nanti, saat ini untuk di GBK hampir semuanya sekitar 2 persen," ujar Basuki di Jakarta, Minggu (2/10/2016).

Untuk wisma atlet Kemayoran, Basuki mendapat laporan progres sudah mencapai 22 persen. Sementara, menurut Basuki, penataan kawasan sekitar area GBK, saat ini sudah memasuki tahap desain, sehingga bisa segera menyusul untuk dikerjakan.

"Penataan kawasan ini perlu sehingga tidak hanya venue-nya saja yang baru, tapi kawasannya juga diharapkan lebih nyaman," jelas Basuki.

Diketahui, pembangunan wisma atlet dilaksanakan Direkorat Jenderal Penyediaan Perumahaan. Sementara, Direktorat Jenderal Cipta Karya bertugas merenovasi dan rehabilitasi venues di kompleks GBK, serta melakukan penataan. Ia menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Cipta Karya akan merenovasi 14 bangunan venues di Kawasan Kompleks GBK.

Sebanyak 14 bangunan tersebut, yaitu stadion utama, tennis indoor dan outdoor, Gedung Stadion Madya, gedung basket, lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan sepak bola A/B/C, stadion renang, dan Istora Senayan.

Selain melakukan renovasi, Ditjen Cipta Karya juga akan menata kawasan GBK untuk menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue yang lebih baik, namun dapat menyatu dengan bangunannya.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan, seperti gerbang, loket, pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet. Kemudian, penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym, dan tempat sampah.

Direktorat Jenderal Cipta Karya telah melakukan penandatanganan empat paket konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (design and build), untuk pembangunan dan rehabilitasi venue Gelora Bung Karno (GBK), dan lima paket konsultan manajemen kontruksi senilai Rp 1,2 triliun pada 15 Agustus 2016 lalu.

Sementara, rusun Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII pada 2018, nantinya akan memiliki 10 menara.
Tiga menara rusun dibangun di blok C2 di atas lahan seluas 27.654 meterpersegi, dengan kapasitas 1.932 unit hunian, dan tujuh menara di Blok D10 di atas lahan seluas 79.400 meterpersegi, dengan 5.494 unit hunian.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved