Enjoy Lampung

Es Bubur Bandung, Kuliner Tradisional nan Manis yang Ada di Pasar Rakyat Tani Kemiling

Dalam semangkuk es bubur, beberapa bahan yang digunakan adalah bubur yang terbuat dari tepung hunkwe, jenang candil, bubur mutiara, dan pisang raja.

Es Bubur Bandung, Kuliner Tradisional nan Manis yang Ada di Pasar Rakyat Tani Kemiling
Tribunlampung/Ana
Es bubur bandung 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -  Bagi warga Bandar Lampung, khususnya di daerah Kemiling tentu sudah tidak asing lagi dengan Pasar Rakyat Tani.

Ya, pasar yang sudah didirikan sejak tahun 1992 ini, memang menjadi tujuan warga sekitar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan makanan, sayuran, perabotan rumah bahkan hingga pakaian.

Konon, dahulunya pasar ini memang diperuntukkan bagi petani setempat untuk menjual hasil bumi mereka kepada pembeli, namun sekarang, barang yang diperjualbelikan semakin beragam dan tidak terbatas pada hasil bumi saja, bangunannya pun sudah diperbaiki meski belum sepenuhnya dapat menampung semua pedagang.

Nah, beberapa jenis kuliner pun bisa ditemui saat anda berkunjung ke pasar yang beroperasi dua kali dalam seminggu yakni hari Kamis dan Minggu mulai pukul 06.00-12.00 ini.

Satu yang paling mudah ditemui adalah menu berupa Es Bubur Bandung Do'a Sepuh yang dijual di area parkir tepat di depan pintu masuk pasar.

Es Bubur Bandung2
Es bubur bandung

Meski menunya dinamai dengan es bubur, pembeli boleh kok memesan bubur tanpa menggunakan es, si penjual biasanya terlebih dahulu bertanya untuk menyesuaikan keinginan pembelinya.

Es bubur ini bisa jadi satu pilihan mengganjal perut sebelum atau setelah berbelanja di pasar karena rasanya yang enak juga mengenyangkan.

Dalam semangkuk es bubur, beberapa bahan yang digunakan adalah bubur yang terbuat dari tepung hunkwe, jenang candil, bubur mutiara, dan pisang raja yang sudah terlebih dahulu direbus lalu dipotong-potong seperti pada olahan kolak.

Kesemua bahan tersebut lantas disatukan untuk kemudian dipadukan dengan santan juga kuah gula merah serta es batu sebelum disajikan.

Halaman
12
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved