Ini Alasannya, Rambut Bisa Tumbuh di Payudara dan Area Aneh Lainnya

Salah satu efek dari kondisi itu adalah tumbuhnya rambut kasar di tempat yang tidak seharusnya.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Suatu hari, selesai mandi, Anda mengoleskan losion ke seluruh tubuh. Kemudian, Anda melihat ada rambut tumbuh di area payudara.

Aneh dan mungkin menurut Anda mengganggu penampilan. Tapi syukurlah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Kita memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak di seluruh tubuh, termasuk di sekitar puting sehingga selalu ada potensi untuk pertumbuhan rambut," kata Lance Brown, M.D., dermatolog di New York.

Dari sekitar 50 juta folikel rambut yang menutupi tubuh, hanya seperlima yang berada pada kulit kepala, yang lainnya ada tersebar di seluruh tubuh Anda.

Tempat Paling Umum Tumbuhnya Rambut di Tubuh

Selain bisa tumbuh di area payudara, lobus telinga, dagu, dan pusar adalah tiga daerah yang umum ditumbuhi rambut. Sedangkan di puting, biasanya rambut tumbuh pada atau tepat di luar areola.

Di telinga, biasanya rambut tumbuh di area lobus atau area tempat biasanya kita memasang anting-anting.

Di perut, umumnya rambut tumbuh di sekitar pusar menurun sampai ke area kemaluan.

Jika Anda baru saja menemukan beberapa helai rambut tumbuh di payudara dan sebelumnya tidak ada apapun di tempat itu, mungkin Anda sedang mengalami fluktuasi hormonal, seperti yang biasa terjadi saat hamil atau menopause.

Obat-obat tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, seperti testosteron, danazol, steroid anabolik, glukokortikoid, cyclosporine, minoxidil, dan fenitoin.

Halaman
12
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved