Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Status Tersangka Kasus Korupsi Dibatalkan Hakim, Jaksa akan Keluarkan Sprindik Baru

Menanggapi hal itu, jaksa tim penyidik Maulana mengatakan, kasus tersebut tidak berhenti.

Laporan Reporter Tribun Lampung Wakos Gautama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Hakim tunggal Akhmad Lakoni memenangkan gugatan prapreradilan Reza Pahlevi, tersangka kasus dugaan korupsi proyek bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa miskin di Dinas Pendidikan Lampung.

Lakoni membatalkan status tersangka Reza karena termohon, yaitu Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung hanya memiliki satu alat bukti, dalam menetapkan Reza sebagai tersangka.

Menanggapi hal itu, jaksa tim penyidik Maulana mengatakan, kasus tersebut tidak berhenti.

Ia mengutarakan, sidang praperadilan tidak masuk ke materi perkara.

“Sidang ini sebagai kontrol bahwa sprindik (surat perintah penyidik) kami harus diperbaiki,” ujar dia usai persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (10/11/2016).

Biarpun hakim memutuskan penetapan Reza sebagai tersangka tidak sah, menurut Maulana, penyidik akan tetap melanjutkan kasus itu.

Ia mengatakan, penyidik akan mengeluarkan surat perintah penyidikan baru terhadap Reza Pahlevi.

Maulana mengakui, bukti surat laporan hasil perhitungan kerugian keuangan negara, yang diajukan ke sidang praperadilan, bukan dokumen aslinya.

Itu karena, lanjut dia, dokumen aslinya dilampirkan pada berkas perkara terdakwa Mantan Kepala Dinas Pendidikan Lampung, Tauhidi.

Maulana menganggap, hakim tidak jeli masalah pemeriksaan saksi prinsipal, dalam hal ini, pemeriksaan Reza Pahlevi sebagai calon tersangka.

Menurut dia, penyidik sudah pernah memeriksa Reza sebagai saksi prinsipal.

Namun karena dalam kesaksian di sidang praperadilan, Reza membantah, kata Maulana, hakim menilai penyidik tidak pernah memeriksa Reza sebagai saksi prinsipal.

Penulis: wakos reza gautama
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved