Selama 10 Bulan Lampura Dilanda 32 Bencana

Berdasarkan data BPBD Lampung Utara, sudah 32 kali terjadi bencana alam di kabupaten itu selama Januari hingga Oktober 2016.

Penulis: anung bayuardi | Editor: soni

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Berdasarkan data BPBD Lampung Utara, sudah 32 kali terjadi bencana alam di kabupaten itu selama Januari hingga Oktober 2016.

Di antaranya angin puting beliung di Desa Labuhan Ratu Kampung, Kecamatan Sungkai Selatan yang mengakibatkan 17 rumah warga rusak. Bencana sambaran petir di Dusun Terusan, Desa Abung Jaya, Kecamatan Abung Selatan yang mengakibatkan peralatan elektronik di 10 rumah warga rusak. Kejadian tersebut terjadi pada 2 Oktober 2016.

"Terakhir juga sambaran petir yang mengakibatkan satu rumah warga Desa Negara Agung, Kecamatan Sungkai Jaya, rusak parah," kata Ansori Rasyid, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Utara, Rabu (23/11).

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyebut ada empat kecamatan yang rawan bencana angin puting beliung.

Ansyori mengatakan keempat kecamatan itu adalah Abung Semuli, Abung Surakarta, Abung Timur, dan Sungkai Selatan. "Dalam tiga tahun terakhir (2013-2016) di empat kecamatan tersebut selalu terjadi bencana angin puting beliung," ujarnya.

Dia berharap masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana selalu waspada apalagi dalam kondisi cuaca ekstrim saat ini. Hujan yang turun kerap dibarengi angin kencang dan petir dan hampir terjadi setiap hari.‎ (ang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved