Menyewa atau Membeli Rumah, Mana yang Lebih Cocok untuk Kita?

Kepemilikan rumah menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang akan tinggal di di suatu wilayah setidaknya dalam beberapa tahun.

Intisari online
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Membeli rumah tentu bukan perkara mudah? Butuh dana yang besar untuk memenuhinya. Sementara itu, menyewa rumah juga terkadang terasa boros karena jumlah uang yang kita keluarkan terkadang setara dengan cicilan untuk membeli rumah. Lalu, mana yang lebih cocok untuk kita? Menyewa atau membeli rumah?

Gaya hidup
Memiliki rumah adalah tanggung jawab besar, dan tergantung pada gaya hidup Anda. Memiliki rumah berarti Anda bertanggung jawab untuk semua perbaikan, membersihkan halaman, dan pemeliharaan rumah. Jika Anda tidak akan menetap di satu lokasi tertentu untuk jangka waktu beberapa tahun, memiliki rumah hanya untuk waktu singkat sepertinya membuang biaya saja. Kepemilikan rumah menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang akan tinggal di di suatu wilayah setidaknya dalam beberapa tahun.

Di mana Anda tinggal
Jika tinggal di daerah dengan harga rumah rendah, mungkin akan jauh lebih baik untuk Anda mulai memikirkan cara untuk membeli rumah. Namun, di beberapa daerah, harga sewa jauh lebih masuk akal daripada harga rumah, dan menyewa mungkin menjadi pilihan keuangan terbaik

Situasi keuangan Anda
Jika laporan kredit Anda kurang optimal, ambil beberapa waktu untuk memperbaiki kredit dan meningkatkan penghasilan Anda. Dalam kondisi ini, jelas pilihan terbaik adalah menyewa rumah. Namun, jika kondisi keuangan sudah aman, tidak ada salahnya untuk Anda memilih membeli rumah.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved