Enjoy Lampung

Manisnya Jajanan Tradisional Cenil, Bisa Dinikmati dengan Saus Gula Merah atau Gula Pasir

Si cantik warna-warni cenil ini dipadukan dengan kelapa muda parut dan saus gula merah yang kental nan manis saat menyantapnya.

Manisnya Jajanan Tradisional Cenil, Bisa Dinikmati dengan Saus Gula Merah atau Gula Pasir
Tribunlampung/Ana
Cenil 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Saat masih kecil, sebagian besar dari kita amatlah senang bila ibu pergi berbelanja ke pasar, karena setelah itu, ibu biasanya pulang sambil membawakan aneka jajanan yang sudah kita pesan sebelumnya.

Kebanyakan oleh-oleh yang didapat, apalagi bila ibu pergi ke pasar tradisional, tidak jauh-jauh dari camilan berupa kue-kue manis seperti cenil, lupis, klepon dan jajanan tradisional lainnya.

Nah, meski kini sudah banyak dihimpit dengan jajanan modern yang kian hari kian bervariasi baik dari bentuk, rasa dan warnanya, nyatanya kuliner tradisional tersebut masih bertahan dan dicari oleh para penggemarnya.

Cenil2
Cenil

Sehingga, hingga sekarang, kita masih dapat menemukan jajanan semacam cenil, klepon dan lupis di pasar-pasar tradisional di sekitar tempat tinggal kita.

Salah satunya adalah di Pasar Rajabasa, Bandar Lampung dimana ada seorang penjual yang khusus menyediakan jajanan tersebut untuk siapa saja yang ingin merasakan kembali citarasa tradisional yang tak lekang oleh zaman.

Setiap harinya, ibu penjual kue tradisional ini membuka lapaknya di depan deretan ruko di pasar yang berada tidak jauh dari Terminal Rajabasa ini.

Disini, kita akan menemukan si cenil, jajanan manis yang terbuat dari pati ketela pohon dan dibentuk kecil-kecil dengan diberikan pewarna makanan sehingga lebih menarik.

Si cantik warna-warni cenil ini dipadukan dengan kelapa muda parut dan saus gula merah yang kental nan manis saat menyantapnya, ada juga yang menikmati cenil ini dengan taburan gula pasir untuk memberikan citarasa manis.

"Bisa dimakan cenil saja, atau dicampur dengan lupis. Sebelum dimakan, campurkan dulu dengan kelapa muda yang sudah diparut dan diberi gula merah seperti ini biar manis," ujar si ibu pedagang cenil menjelaskan.

Kue cenil yang sebelumnya diolah dengan cara direbus ini rasanya memang enak, teksturnya begitu kenyal dan cenderung lengket sehingga kadang sering menempel antara satu cenil dengan cenil yang lainnya.

Perpaduan tekstur yang kenyal ini dengan saus gula merah dan kelapa muda menciptakan kombinasi rasa yang pas di mulut saat kita menyantapnya, tidak terasa, beberapa buah cenil yang disajikan ternyata sudah habis dilahap.

Sedikit informasi, bahan dasar cenil yakni ketela pohon adalah sumber karbohidrat juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi, wah, ternyata tidak hanya enak ya.

Kue Cenil

-Jajanan tradisional berbahan dasar pati ketela pohon yang dipadukan dengan saus gula merah dan kelapa muda yang diparut saat menikmatinya.
-Tersedia di sebuah lapak jajanan di depan deretan ruko Pasar Rajabasa, Bandar Lampung.

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved