Enjoy Lampung

Namanya Ciwel, Meski Warnanya Hitam, Kue yang Satu Ini Citarasanya Unik

Warnanya memang hitam, tetapi rasa dari ciwel ini begitu unik dan lidah kita akan dimanjakan dibuatnya.

Namanya Ciwel, Meski Warnanya Hitam, Kue yang Satu Ini Citarasanya Unik
Tribunlampung/Ana
Ciwel 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kue cenil, jajanan tradisional yang sering kita temui di pasar-pasar ternyata memang enak untuk dinikmati sebagai camilan, apalagi saus gula merah dan kelapa muda parut yang menyertainya membuat kudapan yang satu ini kian menggoda lidah saja.

Nah, tidak hanya dinikmati 'sendiri' saja, kue cenil yang biasanya tampil warna-warni ini juga kerap dipadukan dengan jajanan lainnya sehingga lebih mantap saat menikmatinya.

Campuran cenil bisa saja berupa kue lupis yang berbahan dari beras ketan yang kemudian dimasak dan dibentuk menjadi segitiga pada ukuran tertentu, atau dengan kue bernama ciwel berikut ini.

Ciwel memang tidak jauh-jauh dari cenil, kue yang identik berwarna hitam ini memang sering dikombinasikan dengan cenil, selain tampilannya yang khas, ciwel juga memiliki citarasa unik yang tentunya tidak kalah dengan si cenil itu sendiri.

Nah, kue ciwel ini juga dibuat dari bahan dasar berupa singkong yang amat mudah ditemukan di Indonesia, sebagai pewarna hitamnya, biasanya diambil dari pewarna alami berupa oman (batang padi yang sudah dibersihkan) yang dibakar lalu bubuknya direbus dengan air dan disaring untuk memberikan pewarna pada makanan tersebut.

Ciwel2
Ciwel

Warnanya memang hitam, tetapi rasa dari ciwel ini begitu unik dan lidah kita akan dimanjakan dibuatnya.

Ciwel disajikan untuk melengkapi cenil, seperti yang dilakukan oleh seorang ibu penjual jajanan tradisional yang setiap harinya berjualan di depan ruko Pasar Rajabasa, Bandar Lampung.

Disini, anda bisa membeli ciwel yang dipadukan dengan kue cenil warna-warni atau membeli kue ciwel saja, tergantung pada selera masing-masing, harganya begitu terjangkau, bahkan membeli sebungkus ciwel atau cenil seharga Rp 5 ribu pun boleh.

"Sebenernya dimakan langsung ciwel pakai kelapa muda yang diparut aja sudah enak. Kalau saya tapi lebih senang kalau dicampur sama cenil, kenyal dan manis rasanya," ujar salah seorang pembeli bernama Fitri.

Benar saja , kue ciwel yang langsung disantap tanpa dicampur dengan cenil dan saus gula merah pun terasa sudah nikmat, teksturnya yang kenyal terasa menggoda saat kita mengunyahnya di dalam mulut.

Jangan khawatir akan mendapati rasa oman yang dibakar, semua sudah lebur dalam satu citarasa unik dari si ciwel ini.

Nah, selain cenil dan ciwel, di lapak jajanan yang satu ini masih tersedia beberapa jenis kue tradisional lainnya seperti lupis, gethuk dan tiwul, anda tertarik untuk mencobanya satu per satu?

Kue Ciwel

-Kue tradisional identik dengan warnanya yang hitam dan citarasanya yang unik, bisa dinikmati langsung atau biasanya dijadikan campuran untuk kue cenil
-Tersedia di sebuah lapak jajanan tradisional di depan ruko Pasar Rajabasa, Bandar Lampung
-Ada juga jajanan lain seperti tiwul, gethuk dan lupis

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved