Waspada Lubang-lubang Ini, Bikin Macet dan Mengintai Keselamatan Orang

Para pengguna jalan yang melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) ruas Banjar Agung-Menggala, Tulangbawang mesti ekstra hati-hati.

Waspada Lubang-lubang Ini, Bikin Macet dan Mengintai Keselamatan Orang

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Para pengguna jalan yang melintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) ruas Banjar Agung-Menggala, Tulangbawang mesti ekstra hati-hati.

Ratusan lubang berdiameter sedang mengintai keselamatan pengguna jalan sepanjang sekitar 50 kilometer di ruas jalan nasional itu.

Pantauan Tribun, kerusakan Jalintim Tuba itu dimulai dari kampung Astra Ksetra Menggala hingga unit II Kecamatan Banjar Agung.

Kasatlantas Polres Tulangbawang AKP Adit Prayitno mengatakan, selain membahayakan pengendara, kerusakan jalan itu juga kerap menyebabkan kemacetan di titik-titik tertentu.

"Seperti kerusakan jalan di depan pasat unit II, itu hampir setiap saat terjadi kemacetan. Kendaraan khususnya truk besar mesti jalan melambat karena menghindai jalan rusak," ungkap Adit, Jumat (09/12).

Adit mengatakan, setidaknya ada enam titik kerusakan Jalintim yang dinilai membahayakan kendaraan yang melintas.

Titik pertama di ruas Astra Ksetra-Menggala. Kemudian, Kampung Bugis-tanjakan cakat.

"Lalu di kampung kahuripan dan unit II," terang Adit.

Adit mengatakan, jika tidak segera diperbaiki, kerusakan jalan itu dikawatirkan dapat menelan korban jiwa.

Roda kendaraan khususnya sepeda motor akan mudah terperosok masuk lubang.

Satlantas Polres Tuba pun tidak berdaya untuk mencegah lakalantas akibat kerusakan jalan itu.

Menyikapi kerusakan jalan itu, Adit mengatakan, pihaknya telah tiga kali menyurati Satker pengawas jalan dan jembagan nasional (P2JN) Provinsi Lampung yang di tembuskan ke Dinas PU Kabupaten Tuba.

"Sudah tiga kali kita surati. Surat pertama sekitat bulan oktober, surat kedua pada november awal dan november akhir. Dari tiga surat yang kita kirim itu sampai sekarang belum ada jawaban sampai dan tindaklajutnya," tandas Adit. (endra)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved