Naik Turun Berat Badan Sebetulnya Normal

Jadi, jangan terlalu ketakutan atau terlalu senang jika Anda melihat angka timbangan setelah makan atau berolahraga.

GOOD HOUSE KEEPING
Tidak memusingkan hasil diet, membuat berat badan Dell Farrell turun sesuai harapan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Meski kita tahu timbangan hanyalah angka, sulit untuk tidak khawatir ketika angka di timbangan melompat-lompat dari setengah sampai satu kilogram bahkan hanya dalam semalam. Tetapi, jangan khawatir dulu, kebanyakan fluktuasi berat badan adalah normal.

Jika Anda melihat peningkatan pada timbangan, kemungkinan itu karena air, kata Anita Petruzzelli, M.D., konsultan kesehatan BodyLogicMD.

"Makan, minum, buang air kecil, gerakan usus dan olahraga, semua dapat berdampak pada komposisi air di dalam tubuh. Bertambahnya jumlah cairan yang ditahan oleh tubuh, itulah yang menyebabkan penambahan berat badan," katanya.

Misalnya, makanan tinggi karbohidrat dan tinggi garam dapat menyebabkan retensi air. Sebaliknya, olahraga dapat menyebabkan penurunan kandungan air dalam tubuh dan itu berarti penurunan berat badan.

Jadi, jangan terlalu ketakutan atau terlalu senang jika Anda melihat angka timbangan setelah makan atau berolahraga.

"Berat badan naik karena fluktuasi air akan kembali normal dalam satu atau dua hari ketika Anda melanjutkan berolahraga dan makan makanan sehat yang rendah garam, menghentikan karbohidrat olahan atau karbohidrat sederhana dan gula sederhana," kata Dr Petruzzelli.

Namun, jika kenaikan angka timbangan tidak juga berubah setelah Anda kembali ke rutinitas sehat selama sekitar satu minggu, mungkin itu saatnya untuk membuat beberapa penyesuaian gaya hidup.

Dua adalah angka ajaib, menurut Joseph Colella, M.D., seorang ahli bedah bariatrik di Magee Women's Hospital University of Pittsburgh Medical Center.

"Kebanyakan orang bisa menghilangkan dua kilogram dengan relatif cepat dengan melakukan perubahan kecil pada pola asupan kalori dan aktivitas fisik."

Jika angka di timbangan menunjukkam kenaikan sebesar kira-kira tiga kilogram dalam waktu satu atau dua hari, langkah-langkah yang lebih agresif perlu untuk dilakukan. Misalnya, stop mengonsumsi alkohol.

"Alkohol merangsang nafsu makan dan dapat meningkatkan jumlah makanan yang Anda konsumsi," jelas Dr. Colella.

"Meskipun berfluktuasi, timbangan berat badan dapat menjadi barometer dan refleksi mengenai pola makan Anda," kata Dr Colella.

Hindari stres yang tidak perlu dengan menimbang badan hanya seminggu sekali. Timbanglah badan pada pagi hari setelah BAB, lebih baik lagi dalam kondisi tidak berpakaian di depan cermin besar.

Dengan begitu, Anda bisa melihat secara jelas refleksi atau bayangan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa melihat bagian tubuh mana yang masih perlu diperbaiki dengan lebih giat berolahraga.

Kesimpulannya, fluktuasi berat badan adalah hal yang normal. Tetapi, jika Anda mengalami kenaikan dua kilogram atau lebih dalam satu atau dua hari, kemungkinan itu lebih dari sekadar berat badan air dan sudah sepatutnya Anda melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved