3 Hal yang Harus Dihindari Saat Meminta Maaf

Ketika Anda berbuat suatu kesalahan terhadap orang lain dan ingin meminta maaf, sebaiknya utarakan maaf Anda dengan cara yang benar.

3 Hal yang Harus Dihindari Saat Meminta Maaf
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ketika Anda berbuat suatu kesalahan terhadap orang lain dan ingin meminta maaf, sebaiknya utarakan maaf Anda dengan cara yang benar.

Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar, bisa jadi orang tersebut malah semakin marah dan membuat permintaan maaf Anda gagal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat meminta maaf, menurut psikolog Harriet Lerner, PhD.

1. Jangan meminta maaf dengan kata “tapi”

Menurut Dr Lerner, meminta maaf menggunakan “tapi” membuat Anda terkesan tidak tulus. Bahkan, orang tersebut bisa menganggap Anda sedang mencari alasan.

2. Anda terlalu fokus dengan respon orang lain, bukan pada kesalahan Anda

Permintaan maaf yang tulus berarti memperlihatkan tanggung jawab Anda tanpa melihat reaksi dari orang yang bermasalah dengan Anda.

Dr Lerner menekankan, ketika (Anda) terlalu fokus dengan respons orang lain, maka Anda bisa jadi dianggap hanya berpura-pura meminta maaf.

3. Anda selalu meluapkan pembelaan diri

Ketika Anda meminta maaf, tetapi tidak bisa menerima apa yang dikatakan orang lain dan ingin membuktikan bahwa Anda tidak sepenuhnya salah, maka saran Dr Lerner adalah jangan lakukan hal tersebut.

Hal tersebut memang sesuatu yang alami dari manusia, tetapi untuk membuat permintaan maaf lebih efektif sebaiknya jangan terlalu banyak melontarkan pembelaan diri.
(Kompas.com/Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Editor: soni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved