"Plt Sekkab Tanggamus Tidak Harus Eselon IIa"

Makanya diusulkan Plt, dan itu (Plt) bisa dari mana saja. Dari sini (pemprov) bisa, dari sana (Tanggamus) bisa.

Sekda Mukhlis Basri 

 

Laporan Reporter Tribun Lampung Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Penahanan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus oleh Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, terkait kasus kepemilikan psikotropika, membuat posisi tertinggi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah tersebut kosong.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Sekkab Tanggamus.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Sutono mengatakan, penunjukkan Plt Sekkab Tanggamus merupakan wewenang Bupati Tanggamus yang saat ini juga dijabat oleh seorang Plt.

"Kewenangan menentukan Plt itu ada di wali kota/bupati. Dengan mundurnya Sekkot Metro dan kasus yang membelit Sekkab Tanggamus, mungkin daerah sudah ada usulan Plt, agar roda pemerintahan tidak terhenti," kata Sutono saat ditemui di kompleks Kantor Gubernur Lampung, Selasa (24/1).

Disinggung terkait tidak adanya pejabat eselon IIa di Kabupaten Tanggamus, Sutono menjelaskan, memang tidak ada.

"Makanya diusulkan Plt, dan itu (Plt) bisa dari mana saja. Dari sini (pemprov) bisa, dari sana (Tanggamus) bisa. Tetapi tetap usulannya dari daerah. Sampai saat ini belum ada usulan yang kami terima (nama Plt Sekkab)," papar mantan Sekkab Lampung Selatan tersebut.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis menambahkan, penunjukkan Plt Sekkab Tanggamus tidak harus pejabat eselon IIa. Menurut Hamartoni, jabatan Plt Sekkab tersebut bisa diisi oleh para asisten.

"Ya sebenarnya tidak harus eselon IIa. Siapa saja bisa. Karena kan ini sifatnya sementara dan hanya menjalankan tugas saja. Idealnya memang dari asisten. Usulan dari daerah. Kalau untuk definitifnya kan tetap melalui lelang jabatan," jelas mantan Sekkab Lampung Utara tersebut.

Pantauan Tribunlampung.co.id, di kompleks kantor Gubernur Lampung terlihat Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemkab Tanggamus keluar dari ruang kerja Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri. Tampak pula mantan Sekkot Metro Ishak.

Penulis: Noval Andriansyah
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved