6 Pengawal Napi Plesiran Dapat Sanksi Turun Pangkat dan Tak Bisa Naik Pangkat

Keenam petugas lapas itu pun mengakui semua pelanggaran dan kesalahan mereka, selama diperiksa tim investigasi Kementerian Hukum dan HAM.

6 Pengawal Napi Plesiran Dapat Sanksi Turun Pangkat dan Tak Bisa Naik Pangkat
The Guardian
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDUNG – Enam pengawal yang merupakan pegawai Lapas Kelas I Sukamiskin, terbukti bersalah dalam kasus napi plesiran.

Keenam petugas lapas itu pun mengakui semua pelanggaran dan kesalahan mereka, selama diperiksa tim investigasi Kementerian Hukum dan HAM.

Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM, Susy Susilawati mengatakan, keenamnya melanggar prosedur pengawalan sejumlah narapidana kasus korupsi, saat berada di luar bui.

Petugas pengawalan itu akan dikenakan hukuman berat, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

"Mereka kena sanksi turun pangkat, dan mereka tidak bisa naik pangkat," kata Susy kepada wartawan, di Kantor Kanwil Kemenkum dan HAM, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (10/2/2017).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Susy, tim investigasi menemukan pelanggaran dan kelalaian petugas pengawalan.

Petugas yang mengawal napi tidak melaksanakan tugas pengawalan sebagaimana mestinya.

Petugas membiarkan napi tidak pulang ke lapas sesuai waktu yang ditentukan, dan tidak melakukan pengawalan secara melekat.

“Para pengawal ini tidak ditugaskan lagi sebagai petugas jaga. Tapi ditugaskan di bagian administrasi," ujar Susy.

Terkait dengan prosedur izin keluar, kata Susy, semuanya dikeluarkan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Izin berobat misalnya, sesuai dengan verifikasi kesehatan dokter lapas, bahwa dinyatakan kemampuan klinik tidak memadai sehingga harus dirujuk.

“Kelemahan memang di pengawalan. Tidak optimal sehingga dimanfaatkan narapidana untuk bisa menyalahgunakan izin keluar,” ujar Susy.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved