Hati-hati, Wanita Lebih Rentan Depresi, Ini Faktor Pencetusnya

Peran wanita, apalagi yang menikah, sangatlah kompleks. Wanita harus menjadi istri, ibu buat anak, dan bahkan kadang "ibu" buat suaminya.

Hati-hati, Wanita Lebih Rentan Depresi, Ini Faktor Pencetusnya
Thestar
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Minggu ini kita dikejutkan dengan berita bunuh diri live di media sosial yang dilakukan PI (35) karena masalah rumah tangganya. 

Belum hilang rasa terkejut, lagi-lagi berita bunuh diri ramai di media. Kali ini pelakukanya adalah salah satu manajer JKT48 IJ (47), yang ditemukan tewas dalam posisi tergantung tali di kamar mandi rumahnya.

Fenomena maraknya kasus bunuh diri ini menjadi perhatian, karena kesehatan mental terkadang luput dari perhatian. Padahal, jiwa yang sehat juga sangat penting, selain fisik yang sehat.

Beberapa studi mengatakan wanita lebih rentan depresi ketimbang pria. Apa saja faktor pencetusnya?

“Sebenarnya masalah kejiwaan adalah hal yang wajar dan bisa ditemui dalam kehidupan kita. Gangguan jiwa itu banyak dan kita semua rentan mengalami,” papar Dr. Andri,Sp.KJ,FAPM, Psikiater Klinik Psikosomatik OMNI Hospitals Alam Sutera, Serpong.

Saat ini masyarakat masih sulit membedakan stres, depresi, cemas, skizofrenia, atau penyakit jiwa lainnya. Sayangnya,masyarakat masih menganggap bahwa orang yang mengalami gangguan jiwa itu berarti gila atau ada hubungannya dengan kegilaan.

Pastinya stigma tersebut harus dihilangkan karena akhirnya akan membuat orang  yang mengalami gangguan jiwa menjadi tidak mau meminta bantuan lantaran merasa malu dirinya mengalami masalah kejiwaan.

Kenali Faktor Pemicu

Menurut staf pengajar Bagian Psikiatri FK UKRIDA Jakarta ini, beberapa studi mengatakan, wanita lebih rentan mengalami sakit mental ketimbang pria.

Ya, ternyata wanita lebih sering mengalami depresi. Prevalensi atau angka kejadiannya memang bisa dua kali lipat dibandingkan pria.

Halaman
123
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved