BPPOM Sebut 5 ton Ikan yang Disita Polda Lampung Positif Formalin

Kepala BPPOM Bandar Lampung Setia Murni membenarkan jika hasil tes uji sampel ikan mengandung formalin

Laporan Reporter Tribun Lampung Muhammad Heriza

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala BPPOM Bandar Lampung Setia Murni membenarkan jika hasil tes uji sampel ikan mengandung formalin. “Iya benar, ikannya sudah diuji oleh BPPOM. Hasilnya mengandung formalin,” ujar Murni yang turut hadir saat digelar ekpose di Mapolda Lampung

Murni mengapresiasi langkah jajaran Polda Lampung yang telah berhasil mengungkap kasus ini. Sebab, jika tidak dicegah kepolisian, banyak orang yang akan  mengkonsumsi ikan ini.

“Jika dalam setiap orang membeli satu per kilogram,  jelas akan memakan 5000 korban. Jelas bahan formalin ini mengandung zat yang berbahaya bila dikonsumsi,” katanya

Murni menyebut,  jika diperjual-beli ikan di pasaran. Dalam satu kilogramnya, bisa laku terjual dengan harga  Rp 10 ribu. “ Jadi, kalikan saja oleh temen-temen, berapa nominalnya jika ikan itu laku terjual,”  ungkapnya enggan menjumlahkan nilai keseluruhannya

Pada kesempatan itu, guna mengantisipasi bahan formalin agar tidak meluas ke Lampung. Murni menyarankan instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap sejumlah produsen maupun importir di lampung.

Dinas yang berwenang dalam hal ini adalah Dinas Perdagangan. Maka dari itu, Dinas tersebut harus mengecek penjualan bahan formalin. Karena pada dasarnya bahan formalin tidak diperuntukkan dijual dalam mengawetkan bahan makanan.

Sebelumnya, Tim Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung berhasil mengagalkan penyelundupan ikan formalin, yang diduga hendak diedarkan di Lampung.

Penyelundupan tersebut digagalkan polisi saat kendaraan jenis Colt Diesel Truck Box Bernopol BE 9006 JM tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu, (13/5).

"Dari tangan pelaku, selain mengamankan sopir. Polisi juga menyita 5 ton ikan yang diduga mengandung bahan pengawet (formalin)," ujar Kapolda Lampung Inspektur Jendral Sudjarno saat menggelar ekpos di Mapolda Lampung, Senin, (15/5)

Tags
Polda
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved