Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 23,5 Triliun Antisipasi Lebaran 2017

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi menjelaskan, persiapan uang tunai pada tahun ini meningkat 10 persen, dari nilai uang yang disiapkan pada

Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 23,5 Triliun Antisipasi Lebaran 2017
KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 23,5 triliun, untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai masyarakat pada bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Angka tersebut setara Rp 1,1 triliun per hari.

Rencananya, uang tunai tersebut 85 persennya akan disalurkan melalui mesin ATM.

Adapun, 15 persen sisanya akan disalurkan melalui kantor cabang.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi menjelaskan, persiapan uang tunai pada tahun ini meningkat 10 persen, dari nilai uang yang disiapkan pada periode normal.

"Antisipasi ini kami siapkan mengingat perkiraan tingginya kebutuhan uang tunai pada dua pekan sebelum dan sesudah Idul Fitri, terutama saat liburan dan cuti bersama," kata Tardi di Plaza Mandiri, Selasa (30/5/2017).

Tardi menuturkan, khusus untuk mesin ATM, Bank Mandiri juga akan meningkatkan pasokan uang tunai menjadi Rp 1 triliun per hari, dari sebelumnya Rp 900 miliar per hari.

Itu akan berlaku mulai 12 Juni 2017 hingga 23 Juni 2017.

Menurut dia, itu dilakukan mengingat masa liburan Lebaran yang akan berlangsung pada 26 hingga 30 Juni 2017.

"Dari nilai itu, sebesar 40 persen dari jumlah dana akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek. 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek, seperti Medan, Semarang, Surabaya dan Bandung," ungkap Tardi.

Tidak hanya itu, untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang pecahan kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan satu unit mobil layanan gerak Mandiri Mobil di kawasan Monas, Jakarta.

Layanan itu disediakan pada 5 Juni hingga 16 Juni 2017.

(Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved