Pengurusan Izin Usaha Gratis bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan (Lamsel) mendorong para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengurus perizinan usaha.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Dinas Koperasi dan UKM Lampung Selatan (Lamsel) mendorong para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengurus perizinan usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lamsel, Isroni Mihradi mengatakan, pemkab telah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil, untuk mengurus perizinan.

Sebab, pemkab telah mendelegasikan pengurusan perizinan usaha mikro dan kecil ke kecamatan.

Selain itu, proses pembuatan izin gratis.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha mikro dan kecil, terkait proses perizinan yang kini ada di kecamatan. Harapannya, dengan kemudahan ini, para pelaku usaha mikro dan kecil akan dapat mengurus perizinannya,” ujarnya, Kamis (8/6/2017).

Menurutnya, berdasarkan data di Dinas Koperasi dan UKM, saat ini di Lamsel, terdapat 7.943 unit usaha mikro dan 467 unit usaha kecil, yang tersebar di 17 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, baru sekitar 20 persen yang memiliki izin.

“Tentu dengan telah memiliki izin, ini akan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Ketika ada program bantuan dari pemerintah, bisa mengajukan, tidak lagi perlu repot mengurus izin,” ungkap Isroni.

Para pelaku usaha mikro dan kecil di Lamsel berharap ada program pemerintah untuk mendorong pertumbuhan usaha, baik berupa pembinaan maupun bantuan permodalan dan pemasaran.

“Selama ini, kami terkesan berjalan sendiri tanpa sentuhan kepedulian pemerintah. Ini salah satu faktor yang membuat kami sulit untuk bisa berkembang dan bersaing lebih luas,” terang seorang pelaku usaha mikro, Andi.

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved