Pilkada Jawa Timur 2018

Hasil Survei, Gus Ipul Masih Dibayangi Khofifah

"Petahana harusnya sudah di atas 50 persen. Kalau di bawah 50 persen, berarti belum aman," kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi, Kamis

Hasil Survei, Gus Ipul Masih Dibayangi Khofifah
KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL/KRISTIANTO PURNOMO
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, SURABAYA - Meski berstatus petahana, posisi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai cagub Jatim pada pilkada 2018, disebut belum aman.

Survei elektabilitas pada Juni 2017 oleh The Initiative Institute menyebutkan, elektabilitas Gus Ipul masih 44,6 persen.

Dalam simulasi survei terbuka tentang siapa cagub yang dipilih, jika Pilkada Jatim digelar saat pelaksanaan survei, Gus Ipul memang meraih angka tertinggi, yakni 40,90 persen.

Di posisi kedua, ada Khofifah Indar Parawansah dengan 34,20 persen.

Sementara, Tri Rismaharini mengumpulkan 16,60 persen.

Sebanyak 8,30 persen memilih calon lain.

"Petahana harusnya sudah di atas 50 persen. Kalau di bawah 50 persen, berarti belum aman," kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi, Kamis (20/7/2017).

Angka yang diperoleh Gus Ipul juga tidak menyentuh di atas 50 persen, saat simulasi survei dilakukan tertutup, dengan menyodorkan tiga nama, yakni Gus Ipul, Khofifah, dan Risma.

Hasil survei dengan simulasi tiga nama tersebut menyebut, Gus Ipul masih mengumpulkan skor tertinggi, yakni 44,6 persen, Khofifah Indar Parawansah (37,3 persen), dan Tri Rismaharini (18,10 persen).

Fakta hasil survei itu, menurut Airlangga, membuktikan bahwa Gus Ipul harus lebih aktif turun, untuk bersosialisasi ke daerah-daerah, dan bukan hanya tampil melalui media.

Survei The Initiative Institute itu digelar pada 15 hingga 30 Juni 2017.

Mereka mengambil sampel 1.140 responden.

Survei digelar di 114 desa dan kelurahan, yang tersebar di 38 kabupaten dan kota se-Jatim secara sampling.

Responden yang dipilih berasal dari berbagai suku, baik laki-laki maupun perempuan, dengan usia minimal 17 tahun.

(Achmad Faizal)

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved