Aksi 287

Siang Ini, Berbagai Organisasi Akan Longmarch dari Masjid Istiqlal ke MK untuk Gugat Perppu Ormas

Perwakilan dari berbagai organisasi massa akan melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal ke Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/201

Siang Ini, Berbagai Organisasi Akan Longmarch dari Masjid Istiqlal ke MK untuk Gugat Perppu Ormas
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Perwakilan dari berbagai organisasi massa akan melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal ke Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat,  Jumat (28/7/2017).

Aksi longmarch itu akan diakhiri dengan mengajukan permohonan uji materiil Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Massa.

Aksi itu akan dimulai setelah ibadah salat Jumat.

"Nanti, kami berencana bertemu dengan perwakilan MK, dan mengajukan judicial review Perppu Ormas tersebut," ujar Kapitra Ampera, anggota Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI, yang ikut ambil bagian dalam aksi tersebut, Jumat (28/7/2017) pagi.

Selain Kapitra, beberapa tokoh yang ikut ambil bagian dalam aksi itu adalah Nasrullah Nasution, Rangga Lukita Desnata, Denny Azani B Latief, Ismar Syarifuddin, dan lain-lain.

Selain karena munculnya Perppu Ormas, gerakan tersebut juga dilatarbelakangi pembubaran organisasi Hizbut Thahrir Indonesia (HTI).

"Kami dengan beberapa ormas menilai, Perppu itu menyalahi hak asasi manusia. Kami juga bergerak karena pembubaran HTI beberapa waktu lalu," jelasnya.

GNPF-MUI, Alumni 212, dan beberapa ormas yang ambil bagian menamakan gerakan itu sebagai aksi 287.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved