Honda Sodorkan Mobilio dan B-RV untuk Mengadang Mitsubishi Expander

Honda mengakui bakal ada sedikit ”turbulensi” di pasar kendaraan 7-penumpang low-medium ketikaMitsubishi Expander datang.

Honda Sodorkan Mobilio dan B-RV untuk Mengadang Mitsubishi Expander
(kompas.com - Aris Harvenda)
Honda BR-V di pinggir Pantai Jungwok 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID– Honda mengakui bakal ada sedikit ”turbulensi” di pasar kendaraan 7-penumpang low-medium ketika Mitsubishi Expander datang.

Tapi, kekhawatiran tak begitu besar, karena PT Honda Prospect Motor (HPM) punya dua model untuk mengadang satu Expander.

Dalam hal ini, kita tak berbicara khusus low MPV, namun lebih luas pada pasar kendaraan penumpang 7-penumpang. Di pasar tersebut, Honda punya dua model, yakni Mobilio dan BR-V.

Dua-duanya berada di segmen yang berbeda, namun menerima kebutuhan yang hampir sama.

”Saya rasa konsumen sudah pasti berbeda, dan kami menghadapi persaingan bukan yang pertama. Sejak awal sudah ada (persaingan). Kami ada Mobilio dan B-RV (untuk melawan Expander). Ini soal pilihan desain,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy, (26/7/2017).

Paling penting, lanjut Jonfis, konsumen Honda tetap dijaga, dan adanya perbaikan serta layanan purnajual yang semakin terjangkau oleh lebih banyak masyarakat di Indonesia.

”Kemarin ada yang bilang, merek lain sudah 300 (diler), kenapa honda masih 200? Saya nggak perlu (sebanyak itu), karena volume unit saya hanya segitu, masih cukup. Jadi kalau investasi tanpa pertimbangan, ya salah juga,” kata Jonfis.

Ditegaskan bahwa Honda saat ini tidak berlomba di angka, tapi angka 200 (diler) itu dibutuhkan karena jualan yang meloncat hampir 200 persen.

Urgensi menambah jaringan memang sedang dibutuhkan Honda dan itu sudah dilakukan sejak dua tahun belakangan.

”Jaringan kami semua 3S (sales, service, spareparts). Nggak ada yang outlet saja, kalau kami harus 3S, karena yang kami develop bukan penjualan, tapi servis. Jualan gampang di mal, yang kita jaga konsumen udah beli, tapi masih mau datang,” ucap Jonfis.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved