Jokowi Dukung Pengembangan Mobil Listrik: Itu Mau Nggak Mau

Jokowi menyampaikan, selain persiapan regulasi dan riset, pemerintah juga perlu menyusun insentif, yang dapat mendorong semangat pengembangan mobil

Jokowi Dukung Pengembangan Mobil Listrik: Itu Mau Nggak Mau
KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengunjungi Lebaran Betawi 2017 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Minggu (30/7/2017). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menegaskan komitmennya, untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

Komitmen presiden dilatarberlakangi banyak pertimbangan, antara lain perubahan global dan dampaknya terhadap iklim dan lingkungan.

"Ke depan, itu mau nggak mau, memang mobil listrik harus kita hitung (perhitungkan). Harus kita lihat. Karena semua akan mengarah ke sana," kata Jokowi, kepada wartawan saat berkunjung ke acara Lebaran Betawi 2017, di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (30/7/2017).

Jokowi mengatakan, semua persiapan termasuk regulasi dan riset harus disusun mulai sekarang.

Jokowi menyampaikan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bisa mengambil peran dalam penelitian, dan pengembangan mobil listrik itu.

"Jangan sampai, besok orang sudah ke sana (mengembangkan mobil listrik mereka), kita bingung (belum punya persiapan)," kata presiden.

Jokowi menyampaikan, selain persiapan regulasi dan riset, pemerintah juga perlu menyusun insentif, yang dapat mendorong semangat pengembangan mobil listrik.

Insentif tersebut bisa diberikan kepada penemu, peneliti, maupun industri.

"Ini semua harus disiapkan," kata Jokowi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sebelumnya mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan draf peraturan presiden tentang pemanfaatan tenaga listrik untuk transportasi.

Halaman
12
Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved