Headline News Hari Ini

Kampung Sungai Burung Terancam Punah

Penyebabnya, ada indikasi kerap terjadi pembalakan hutan bakau di kampung ini.

Kampung Sungai Burung Terancam Punah
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
Kampung Sungai Burung Kecamatan Dente Teladas, Tulangbawang 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Kampung Sungai Burung yang berada di Kecamatan Dente Teladas, Tulangbawang, terancam punah. Penyebabnya, ada indikasi kerap terjadi pembalakan hutan bakau di kampung ini. Tergerusnya hutan bakau menyebabkan abrasi atau pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

Mashuri, warga Kampung Sungai Burung, mengungkapkan, dalam praktik dugaan pembalakan hutan bakau, pengrajin ikan panggang menebang pohon bakau dan mengeringkannya.

"Ditebang, lalu dibiarkan kering. Mereka memanfaatkan kayunya sebagai bahan bakar untuk memanggang ikan. Ini sudah berlangsung lama," beber Mashuri, Senin (31/7).
Tribun memperoleh informasi setidaknya 5 kubik kayu dari hutan bakau ditebang dalam sehari. Akibat dari penebangan pohon bakau yang merupakan cincin hijau Kampung Sungai Burung, sudah terjadi abrasi pantai mencapai 300-500 meter. Ombak laut pun semakin dekat dengan permukiman warga.

"Kampung Sungai Burung sudah sekali pindah lokasi. Lokasi sekarang adalah lokasi terakhir yang bisa dihuni warga," kata Mashuri.

Baca selengkapnya di Tribun Lampung cetak edisi Rabu, 2 Agustus 2017.

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved