Breaking News:

Bisakah Mengakikahkan Orang yang Sudah Meninggal?

"berkurban untuk orang yang sudah meninggal diperbolehkan, karena kurban adalah sebagian dari jenisnya sodakoh"

Tribunlampung/Andre
Hewan Kurban kambing 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - YTH MUI Lampung. Suami saya belum akikah karena orangtuanya tidak mampu mengakikahkan. Apa boleh suami saya akikah pakai uang sendiri dan apa boleh orang yang sudah meninggal dikurbani/diakikahi? Terima kasih.

Pengirim: +6285788949xxx

Hukum Akikah Diperbolehkan

AKIKAH untuk dirinya sendiri diperbolehkan, Imam Taqiyuddin Abi bakar al Dimasqi dalam kitab kifayatul ahyar menjelaskan: ketika seorang anak sudah balig (dewasa) maka telah gugur kesunahan aqiqah untuk orang tuanya, maka anak tersebut diperbolehkan untuk meng-akikahi dirinya sendiri.

Hal ini berdasarkan sebuah Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik,"sesungguhnya Nabi SAW meng-aikahi dirinya sendiri setelah beliau diutus menjadi Nabi".

Kurban atau akikah untuk orang yang sudah meninggal diperbolehkan, hal ini dijelaskan Imam Nawawi dalam kitan Majmu' syarah al Muhadzab juz 8 hal 406:

"berkurban untuk orang yang sudah meninggal diperbolehkan, karena kurban adalah sebagian dari jenisnya sodakoh, dan sodakoh untuk orang yang sudah meninggal adalah sah (diperbolehkan) dan manfaat sodakoh tersebut akan sampai kepada orang yang sudah meninggal".

KH. MUNAWIR
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved