Miris! Sudah Libur Panjang Tahun Baru, PNS di Metro Masih Ada yang Bolos Kerja

Setidaknya 33 aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Metro tercatat tidak hadir

Miris! Sudah Libur Panjang Tahun Baru, PNS di Metro Masih Ada yang Bolos Kerja
Tribun Lampung
Wali Kota Metro memberi pengarahan di sela-sela inspeksi mendadak hari pertama kerja usai libur tahun baru, di kantor Pemkot Metro, Selasa (2/1/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG INDRA SIMANJUNTAK

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Setidaknya 33 aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Metro tercatat tidak hadir pada hari pertama kerja tahun 2018. Data tersebut diperoleh setelah Wali Kota Achmad Pairin dan Wakil Wali Kota Djohan melakukan inspeksi mendadak ke beberapa satuan kerja perangkat daerah di Bumi Sai Wawai pada hari pertama masuk kerja usai libur tahun baru, Selasa (2/1).
Pairin menyatakan, sidak dilakukan guna mengecek kehadiran para ASN. Hasilnya, ungkap dia, masih ada pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan pada hari pertama berkantor.
"Ini bukan untuk mencari kelemahan. Ini semata-mata untuk menegakkan kedisiplinan. Saya sebagai kepala daerah mempunyai tugas untuk mengajak dan mengingatkan para pegawai agar disiplin," katanya.
Pairin menjelaskan, para ASN yang kedapatan tidak hadir tanpa keterangan akan diminta untuk apel di halaman Pemkot Metro. "Nanti apel di sini bagi yang tidak hadir. Ini sebagai upaya pembinaan kami. Supaya mereka lebih disiplin," ujarnya.
Sementara Wakil Wali Kota Metro Djohan mengungkap ada 33 pegawai yang kedapatan tidak hadir pada hari pertama kerja ini. Rinciannya, 15 orang di dinas perhubungan, tiga orang di dinas komunikasi dan informatika, serta 15 orang di sekretariat DPRD Metro.
"Di Dinas Perumahan (dan Kawasan Permukiman), masuk semua. Saya minta inspektorat dan satpol PP (satuan polisi pamong praja) untuk melihat ke bawah. Ini dalam rangka pembinaan. Apalagi, kita sudah menghadapi tahun 2018. Tahun baru, kita harus wajah baru dan semangat baru," jelas Djohan.
Djohan menambahkan, bagi ASN yang tidak hadir tanpa keterangan, akan diberikan teguran. Apabila ternyata masih mengulangi tindakan tersebut, kata dia, sanksi tegas sesuai aturan akan dijatuhkan.
Sidak hari pertama kerja usai libur tahun baru sendiri dibagi dua kelompok yang dipimpin langsung wali kota dan wakil wali kota. Adapun SKPD yang dikunjungi di antaranya Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Satpol PP, Dinas Perdagangan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Metro. Kemudian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Diskominfo, Dishub, serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. (dra)

Sidebar

DPRD Minta Pengawasan Kontinu

KOMISI I DPRD Metro mengapresiasi langkah Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang mengecek kedisplinan para ASN pada hari pertama kerja tahun 2018 ini.
"Kami mengapresiasi. Tapi lebih dari itu, kami berharap pembinaan ini dilakukan terus, secara kontinu. (Tujuannya) untuk membentuk mental bekerja yang baik dan profesional," ujar Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki, Selasa (2/1).
Wakil Ketua Komisi I Nasrianto Effendi menyatakan, disiplin pegawai memang harus diciptakan dan dipelihara agar berjalan konsisten. Kedisiplinan, jelas dia, apapun wujudnya, akan berdampak pada kinerja dan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Kalau untuk dirinya sendiri saja tidak bisa profesional, kan tidak mungkin mau melayani masyarakat secara maksimal dan profesional. Pembinaan pegawai ini harus kontinu dilakukan," kata Nasrianto. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved