KPU Tanggamus Libatkan Aparat Pekon Jadi PPDP

KPU Tanggamus mengaku libatkan aparat pekon dan kelurahan sebagai Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pilkada 2018.

KPU Tanggamus Libatkan Aparat Pekon Jadi PPDP
KPU
Pilkada serentak akan digelar 27 Juni 2018. 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - KPU Tanggamus mengaku libatkan aparat pekon dan kelurahan sebagai Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pilkada 2018.

Menurut anggota KPU Hayesta F Imanda, alasan tersebut karena mereka mengenali warga sekitarnya. Sebab dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit) diperlukan orang yang tahu kondisi riil masyarakat.

Baca: LINK LIVE STREAMING - Real Betis Vs Barcelona Kick Off di SCTV Pukul 02.45 Dinihari Nanti

"Kemudian dari segi kedudukan mereka juga harus netral karena termasuk kepanjangan tangan aparat pemerintah. Berbeda dengan kader partai politik atau simpatisan bakal calon," terang Hayesta, Minggu 21 Januari 2017.

Baca: Rugikan Negara Rp 43,45 Triliun, Denda Tilang Truk Overkapasitas Bakal Naik Minimal Rp 2 Juta

Di Tanggamus ada 1.581 PPDP tersebar di seluruh pekon se-Tanggamus. Mereka sudah lakukan coklit sejak Sabtu 20 Januari 2018 lalu sampai pada 18 Februari 2018. Mereka dibekali data daftar nama penduduk berasal dari DPT pilpres 2014 dan hasil perekaman KTP-el selama ini.

Selanjutnya dicocokan apakah itu benar atau tidak, jika tidak langsung dicoret.

"Jadi kami imbau kepada masyarakat yang belum perekaman segera perekaman sebab bukti KTP-el dan surat keterangan jadi syarat wajib agar bisa memilih. Jadi PPDP juga bertugas mengimbau masyarakat agar perekaman," terang Hayesta.

Kemudian ia juga minta, jika ada warga yang sudah meninggal, agar keluarganya dapat mengurus keterangan meninggal. Tujuannya agar dihapus dari data penduduk, sebab jika tidak dihapus akan selalu muncul dalam DP4 sampai pemilihan kapan saja. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved