Pelaksanaan ORI Difteri di Rejo Sari, Ulu Belu, Mundur Lusa

Dinas Kesehatan Tanggamus mengaku pelaksanaan imunisasi ulang dalam penanganan difteri di Pekon Rejo Sari,

Pelaksanaan ORI Difteri di Rejo Sari, Ulu Belu, Mundur Lusa
tribunlampung/dodi
Mengenal gejala difteri 

Laporan wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Kesehatan Tanggamus mengaku pelaksanaan imunisasi ulang dalam penanganan difteri di Pekon Rejo Sari, Kecamatan Ulu Belu dimundurkan Rabu 24 Januari 2018.

Menurut Taman Prasi, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, memang semula dijadwalkan imunisasi ulang sebagai bentuk outbreak response immunization (ORI) dijadwalkan Senin, 22 Januari 2018.

Baca: Cara Urus Jadi Peserta Mandiri BPJS Kesehatan

"Setelah rapat bersama pekan lalu akhirnya diputuskan baru bisa dilakukan Rabu, dari jadwal semula hari Senin. Dan nanti Rabu itu sudah pasti, tidak bisa mundur lagi sebab 30 Januari 2018 laporan pelaksanaan ORI sudah harus diterima pusat," ujar Taman.

Baca: Kelakuan Artis Muda Indonesia Kekinian, Saat Wawancara Tak Malu Peluk Cium Mesra Bagian Ini

Ia mengaku tidak ada kendala teknis terkait mundurnya jadwal. Estimasi yang akan diimunisasi tetap kisaran 600 orang terdiri usia satu sampai 19 tahun. Kemudian logistik dari vaksin dan peralatan lainnya juga sudah siap dan sekarang disimpan di Puskesmas Ulu Belu.

"Kalau persiapan semuanya sudah beres, tinggal pelaksanaannya saja, sebab ini langkah response yang wajib dilakukan dalam menangani penyakit," terang Taman.

Secara gambaran rencana 600 orang dilayani di empat titik, sehingga satu hari selesai. Untuk pagi dilakukan pada sasaran pasti seperti anak sekolah atau orang yang ada di pekon. Sedangkan siang dilakukan penyisiran, bisa saja pada pagi harinya orang tersebut pergi. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved