Rp 7,1 Miliar untuk 50 Desa Tertinggal di Lampura

Pada 2017 akhir, BPS Provinsi Lampung telah melakukan penilaian dan evaluasi dengan menggunakan parameter indeks kemajuan desa (IKD).

Rp 7,1 Miliar untuk 50 Desa Tertinggal di Lampura
tribunlampung/anung
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri (kanan) berkunjung ke Lampura. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Program Gerbang Desa terbukti meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tertinggal. Berdasarkan data BPS tahun 2014, jumlah desa kategori tertinggal di Lampung sebanyak 380 desa. 

Hal ini diungkapkan oleh perwakilan warga Raden Bangsawan di hadapan Wakil Gubernur Bachtiar Basri yang berkunjung ke Dusun I Desa Way Melan, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, Selasa, 23 Januari 2018.

Baca: Desa Tertinggal Ini Diutus Pemkab Lamsel Ikut Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi

Untuk mengentaskan desa tertinggal, gubernur memiliki program Gerbang Desa Saburai sebagai program unggulan Pemprov Lampung. Pada 2017 akhir, BPS Provinsi Lampung telah melakukan penilaian dan evaluasi dengan menggunakan parameter indeks kemajuan desa (IKD).

Hasilnya menunjukkan perubahan signifikan pada status desa-desa yang sebelumnya tertinggal. Pada akhir 2017, jumlah desa tertinggal di Lampung tinggal 117 desa.

Sementara desa lainnya sudah naik status menjadi desa kurang berkembang 185 desa, desa berkembang 69 desa, dan desa maju 5 desa.

Baca: Kehadiran Wagub di Kotabumi Disambut Antusias

Keberhasilan ini merupakan keberhasilan program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) Sai Bumi Ruwa Jurai.

Selain memberikan bantuan keuangan untuk pelaksanaan program, juga menggerakkan SKPD atau OPD untuk sama-sama memperhatikan dan mengalokasikan program di lokasi desa tertinggal, sehingga mempercepat pengentasan desa tertinggal.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyerahkan bantuan keuangan dari Pemprov Lampung kepada masyarakat Lampung Utara melalui Program Gerbang Desa Saburai TA 2018 kepada 50 desa tertinggal se-Lampung Utara sebesar Rp 7,1 miliar.

Bantuan keuangan Rp 1,482 miliar diberikan untuk 232 desa/kampung/pekon/tiyuh dan 5 kelurahan yang masing-masing memperoleh Rp 6 juta. (*)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved