DPRD: Jabatan Kosong Berpotensi Ganggu Pelayanan

Najarudin mengatakan, kondisi itu bisa berdampak langsung terhadap pelayanan masyarakat di Bumi Jejama Secancanan.

tribunlampung/didik
Bupati Pringsewu Sujadi Saddat 

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - DPRD Pringsewu berharap kekosongan jabatan di Pemerintah Kabupaten Pringsewu dapat segera diisi. Menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Pringsewu Najarudin, kekosongan tersebut dapat memengaruhi kinerja pemerintah.

Dalam satu tahun terakhir, setidaknya dua jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Pringsewu diisi oleh pelaksana tugas (plt). Hingga kini belum ada tanda-tanda dua kepala OPD tersebut didefinitifkan.

Baca: Setahun Dua OPD di Pringsewu Dikomandoi Plt, Bagaimana Nasibnya?

Kedua OPD tersebut adalah Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pringsewu.

Najarudin mengatakan, kondisi itu bisa berdampak langsung terhadap pelayanan masyarakat di Bumi Jejama Secancanan. "Kepada bupati, diharapkan untuk segera mengisi jabatan yang kosong, karena akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat," ujar Najarudin, Minggu, 28 Januari 2018.

Ketua Komisi I DPRD Pringsewu Anton Subagiyo berharap pengisian kekosongan jabatan itu sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo dalam mereformasi birokrasi. Sebagaimana ketentuan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Menpan-RB tentang pedoman umum reformasi birokrasi.

Baca: Tak Lama Lagi, Pelaku Usaha Bisa Urus Izin Via Online

Dia mengatakan, yang mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah menyangkut aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, dan SDM aparatur harus menjadi perhatian Pemkab Pringsewu.

Dengan hasil lelang jabatan yang bersih dari KKN, tanpa memandang latar belakang politik, warna kulit, jenis kelamin, agama dan suku.

Tetapi, lanjut dia, lebih mengedepankan kinerja seseorang yang baik, berintegritas dan sesuai dengan harapan organisasi. Serta dapat melaksanakan tugas yang lebih efektif dan efisien. (*)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved