Komunitas RI2ACC Gowes Sepeda Sejauh 30 Km

Seperti namanya, RI2ACC merupakan komunitas sepeda yang anggotanya adalah para pekerja di Bandara Radin Inten II.

Komunitas RI2ACC Gowes Sepeda Sejauh 30 Km
istimewa
RI2ACC 

Laporan Reporter Tribun Lampung Bayu Saputra

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Menjaga tubuh tetap prima meski ada segudang aktivitas merupakan satu kewajiban. Ini nampaknya dipahami benar para pekerja di Bandara Radin Inten II Lampung.

Agar memiliki tubuh yang tetap segar, sekaligus prima, para pekerja di bandara membentuk komunitas yang bernama Radin Inten II Airport Cycling Club (RI2ACC). Komunitas ini dikoordinatori Yudi P.

Baca: VIDEO: Salat Gerhana hingga Penampakan Super Blue Blood Moon

Seperti namanya, RI2ACC merupakan komunitas sepeda yang anggotanya adalah para pekerja di Bandara Radin Inten II. Menurut Yudi, bersepeda bersama diyakini bisa membuat tubuh selalu prima sekaligus menyegarkan pikiran usai bekerja.

"Kita membentuk komunitas ini dengan tujuan untuk berolahraga bersama dan berkumpul saat libur. Jadi untuk sarana silaturahmi. Dengan olahraga bersama juga terasa seru dan menyenangkan," ujarnya, Rabu, 31 Januari 2018.

Baca: FOTO: Masyarakat ”Serbu” 12 Teleskop yang Disediakan Itera

Sebelumnya, kata Yudi, di setiap unit kerja ada kelompok sepedanya. Namun itu belum disatukan. Kelompok ini sudah ada sejak 2016. Suatu hari mereka kumpul-kumpul, kemudian tercetuslah ide untuk bersatu. Sehingga lahirlah RI2ACC, dan diresmikan pada 15 Agustus 2017 oleh Kepala Branti Bandiyono.

Kegiatan rutin RI2ACC sendiri tentu bersepeda bersama yang dilaksanakan setiap minggu. Mereka akan melakukan perjalanan sampai 30 kilometer mengelilingi jalanan di pelosok Bumi Ruwa Jurai. Selain itu, setiap awal bulan, para anggota akan melakukan jelajah alam Lampung.

Beberapa penjelajahan yang pernah dilakukan seperti dari Bandara ke Pringsewu-Metro- Rajabasa. Ini dilakukan 35 goweser RI2ACC. "Selain sehat, bertemu dengan teman-teman sehobi itu mengasyikkan, pikiran kita bisa tenang dan nyaman. Serta komunikasi akan tambah dekat, rasa kekeluargaan dan persahabatan juga. Motto RI2ACC yakni gowes satu sepeda sejuta sahabat," kata Yudi.

Untuk rute gowes sendiri, biasanya akan mereka share di group WhatsApp. Jadi ketika ada ide mau gowes kemana, diobrolin di dalam group ini. Untuk jenis sepeda yang dipakai, tidak dibatasi. Bisa pakai mountain bike atau dowhill, fixie atau road bike, onthel ataupun sepeda yang lainnya tidak masalah dan yang terpenting itu gowes. (*)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved