PEMILU 2019

Empat Parpol di Tanggamus Belum Penuhi Syarat Lolos Pemilu

KPU telah menggelar pleno untuk memutuskan hasil verifikasi faktual yang dilakukan sejak 30 Januari sampai 1 Februari 2018.

Empat Parpol di Tanggamus Belum Penuhi Syarat Lolos Pemilu
Serambi
Ilustrasi. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - KPU Tanggamus menyatakan, ada beberapa pengurus partai politik yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) hasil dari verifikasi faktual. 

Menurut Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, pihaknya telah menggelar pleno untuk memutuskan hasil verifikasi faktual yang dilakukan sejak 30 Januari sampai 1 Februari 2018.

"Hasil pleno memang ada kepengurusan partai yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan kepengurusan belum memenuhi syarat (BMS). Itu sudah disampaikan ke pengurus untuk perbaikan," terang Otto, Jumat, 2 Februari 2018.

Baca: Plh Bupati Tanggamus Ada karena Gubernur Maju Pilgub

Dalam verifikasi dicek tentang struktur kepengurusan, keterwakilan perempuan di pengurus minimal 30 persen, keberadaan kantor sekretariat, dan anggota sampelnya lima persen dari data sipol. 

"Dari elemen bahan validasi itu ada partai yang satu elemen terpenuhi ada yang belum, begitu sebaliknya. Dan kami minta perbaikannya sampai 5 Februari ini," ujar Otto. 

Baca: Bendahara PDI-P Sakit, KPU Tanggamus Video Call

Di Tanggamus, kepengurusan partai yang seluruhnya berstatus MS ada 12 dari 16 parpol. Parpol yang penuhi syarat yakni PDIP, Demokrat, Gerindra, PKS, NasDem, PPP, PAN, PKPI, Perindo, PSI, Berkarya, Garuda. (*) 

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved