Pupuk NPK Mutiara Diedarkan di Tulangbawang, Begitu Direndam Air Hanya Sisa Tanah Liat

Satuan Reserse Kriminal Polres Tulangbawang menggulung sindikat pengedar pupuk palsu. Empat tersangka berasal dari Jawa Timur.

Pupuk NPK Mutiara Diedarkan di Tulangbawang, Begitu Direndam Air Hanya Sisa Tanah Liat
Tribun Lampung/Endra Zulkarnain
Kasat Reskrim Polres Tuba AKP Donny Kristian Bara'langi menunjukkan barang bukti pupuk palsu, Senin (19/2/2018). 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG ENDRA ZULKARNAIN

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Satuan Reserse Kriminal Polres Tulangbawang menggulung sindikat pengedar pupuk palsu.

Empat tersangka yang diciduk berasal dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka sudah setahun beraksi di Tuba.

Empat tersangka itu adalah Bambang, Wasiran, Mansur Arif, dan Rudianto. Mereka tinggal dengan mengontrak rumah di SB 16, Desa Siswo Bangun, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Kasat Reskrim Ajun Komisaris Donny Kristian Bara'langi mewakili Kapolres Tuba Ajun Komisaris Besar Raswanto Hadiwibowo mengungkapkan, operasi ini menindaklanjuti laporan warga yang resah dengan beredarnya pupuk palsu.

"Empat tersangka ditangkap di jalan lintas Rawajitu-Penawar Tama, Minggu (18/2/2018)," ujar Donny di kantornya, Senin (19/2).

"Sebelum penangkapan, mereka hendak mengedarkan pupuk palsu ke beberapa pengecer pupuk dan petani di Kecamatan Rawajitu Timur dan Rawapitu," bebernya.

Dari keterangan para tersangka, papar Donny, pupuk palsu tersebut diperoleh dari CV UD Kawan Tani Sejati yang berlokasi di Jalan Sunan Ampel, Desa Wadeng, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jatim.

"Aksi mereka sudah berlangsung setahun terakhir. Lebih dari 40 ton pupuk palsu sudah beredar di Tuba," kata Donny. "Pupuk palsu yang diedarkan adalah jenis NPK Mutiara untuk karet dan sawit," imbuhnya.

Dalam aksinya, Donny menjelaskan, para tersangka menjual pupuk palsu dengan harga di bawah pasaran, berkisar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu per sak.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved