Dinas PU Pantau Perkembangan Bencana Longsor Via WhatsApp

Pihaknya dalam persoalan ini baru sebatas koordinasi lewat Whats App (WA) saja dengan pihak BPBD untuk mengetahui perkembangannya seperti apa.

tribunlampung/hanif
Petugas BPBD mengevakuasi puing longsoran di Jalan Dr Warsito Gang Rajabasa Utama, Telukbetung Utara. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung saat ini belum turut serta melakukan penanganan terhadap persoalan peristiwa tanah longsor di Jalan Warsito, Teluk Betung Utara, yang ternyata menimpa aliran sungai sehingga mengakibatkan sungai tersumbat dan sempat meluap.

Baca: Siap-Siap, BMKG Prakirakan Beberapa Wilayah di Lampung Ini Akan Diguyur Hujan

Pernyataan tersebut diungkapkan Kabid Sumber Daya Air (SDA), Dinas PU Kota Bandar Lampung Dedy Sutiyoso, saat diwawancara, Selasa (20/2/2018).

Baca: Intip 5 Seleb Korea yang Berubah Semakin Cantik Berkat Diet Ketat, Siapa Saja?

"Ya saat ini sudah ditangani oleh BPBD Kota Bandar Lampung sebab memang sudah menjadi tupoksi mereka. Karena kan itu bencana (longsor), mereka lah yang berwenang menanganinya," ungkapnya.

Baca: Ogah Ikuti Jejak Orangtuanya, 4 Anak Artis Ini Pilih Karir Jadi Abdi Negara, Keren!

Akan tetapai jika pihak BPBD Kota Bandar Lampung mengalami kesulitan dalam penangannya pastinya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Kota Bandar Lampung.

"Kami kan memang tidak ada pos bencana alam, jadi BPBD lah yang berwenang. Namun jika ternyata pihak BPDD kesulitan dan memberitahukan maka kita bantu penanganannya," terangnya.

Oleh karenanya, pihak Dinas PU Kota Bandar Lampung saat ini masih menunggu surat pemberitahuan terlebih dahulu dari camat di lokasi peristiwa longsor.

"Nah kalau sudah ada surat pemberitahuan dari camat kan kami enak untuk turut serta melakukan penangananan dengan menurunkan tim ke lokasi peristiwa longsor tersebut," paparnya.

Ia mengatakan pihaknya dalam persoalan ini baru sebatas koordinasi lewat Whats App (WA) saja dengan pihak BPBD untuk mengetahui perkembangannya seperti apa.

Pihak BPBD Kota Bandar Lampung saat ini sudah terjun ke lapangan guna melakukan penanganan. Namun, kalau memang ada pemberitahuan kesulitan, maka nanti langsung dibantu.

"Ya kalau saya perhatikan dari foto yang dishare bahwa kondisi longsor memang karena tidak ada pohon yang menahan air akhirnya tergerus. Karena kalau lokasinya di daerah tebing memang harus banyak pohon supaya tidak erosi," tukasnya. (eka)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved