Kisah Janda-janda di India yang Ditelantarkan dan Dianggap sebagai Nasib Buruk

Ribuan janda di India yang diasingkan keluarganya memilih tinggal di Kota Vrindavan. Kehidupan mereka jauh dari kata layak.

Kisah Janda-janda di India yang Ditelantarkan dan Dianggap sebagai Nasib Buruk
AP
Para janda di Kota Vrindavan, India. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ribuan janda di India yang diasingkan oleh keluarganya memilih tinggal di Kota Vrindavan. Namun, kehidupan mereka di sana jauh dari kata layak.

Selama beberapa abad, "kota janda" misterius ini menarik perhatian ribuan perempuan yang dibuang keluarganya dan dianggap terkutuk setelah kematian para suami.

Tidak ada yang sanggup menghitung jumlah janda di Vrindavan, kota di bagian selatan New Delhi, India. Diperkirakan ada 15 ribu janda yang hidup di sana.

Mereka diasingkan oleh keluarganya agar tidak mendapat warisan. Para janda ini dianggap sebagai "penghisap uang" dan "nasib buruk".

Beberapa janda ditinggalkan di jalan oleh anggota keluarganya. Sementara yang lainnya, datang ke Vrindavan atas kemauan sendiri. Mereka menumpang bus dan kereta.

Para janda ini berharap bisa beribadah dan menemukan sahabat di sana. Namun demikian, butuh perjuangan untuk bertahan hidup setiap harinya di Vrindavan.

Hidup Susah

Bindeshwar Pathak, pendiri lembaga hak asasi manusia, Sulabh International, yang membantu para janda tersebut, mengungkapkan, rasa malu sebagai janda masih sangat kuat di beberapa tempat. Mereka diharapkan untuk melepas semua kesenangan.

Pathak menjelaskan, para janda ini tidak diperbolehkan merayakan dan menghadiri pesta pernikahan. Mereka diharapkan tinggal dalam pengasingan dan mengenakan baju berwarna putih.

"Ini pada dasarnya adalah bentuk penjara seumur hidup bagi para janda," kata Pathak.

Sulabh International sejak tahun 2012 ditugaskan oleh Mahkamah Agung untuk membantu perempuan-perempuan tersebut, setelah ditemukan mayat janda yang dimasukkan ke dalam karung dan dibuang ke sungai.

Halaman
123
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved