PBB Akhirnya Lolos Jadi Peserta Pemilu 2019, Ini Perjalanan Kasusnya

PBB Akhirnya Lolos Jadi Peserta Pemilu 2019, Ini Perjalanan Kasusnya Hingga Menang di Bawaslu

PBB Akhirnya Lolos Jadi Peserta Pemilu 2019, Ini Perjalanan Kasusnya
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra meluapkan kegembiraannya saat diputuskan sebagai peserta pemilu 2019 oleh Bawaslu(Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) memutuskan Partai Bulan Bintang ( PBB) sah sebagai peserta Pemilu 2019.

Putusan tersebut diambil oleh Bawaslu dalam sidang ajudikasi PBB dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Bawaslu, Minggu (4/3/2018).

"Memutuskan dalam eksepsi termohon dalam pokok perkara mengabulkan permohonan untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan Partai Bulan Bintang memenuhi syarat sebagai peserta pemilu DPR, DPRD provinsi dan kabupaten kota 2019," ujar Ketua Bawaslu Abhan membacakan putusan sidang.

Putusan tersebut memerintahkan KPU untuk membatalkan Surat Keputusan (SK) Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019.

Baca: Daftar Pemenang Piala Oscar 2018, Ada Banyak Kejutan?

Sebab dalam keputusan tersebut, KPU menetapkan PBB tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu.

"Memerintahkan KPU untuk menetapkan PBB sebagai parpol peserta pemilu 2019. Memerintahkan KPU untuk melaksanakan paling lambat 3 hari sejak putusan ini dibacakan," lanjut Abhan membacakan putusan.

Berikut ini penjalanan kasus PBB mulai dari dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual hingga  gugatannya dimenangkan Bawaslu.

1. 17 Februari 2018

KPU mengumumkan partai politik peserta Pemilu 2019.

Halaman
123
Penulis: taryono
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved