VIDEO: Tari Rejang Awali Ritual Melasti di Pringsewu

Angga menambahkan, tari Rejang biasanya dibawakan oleh lima penari wanita. Tapi, kali ini dibawakan secara massal.

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Tari Rejang ditampilkan dalam pembukaan Melasti atau upacara penyucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi di Pringsewu.

Acara yang dipusatkan di tepi Sungai Way Sekampung, Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu ini dihadiri oleh Bupati Pringsewu Sujadi, Rabu, 14 Maret 2018.

Humas Panitia Melasti Dwi Anggara mengatakan, tari Rejang merupakan tarian yang ditampilkan secara khusus dalam upacara keagamaan umat Hindu.

"Baru kali ini ditarikan di Pringsewu dengan jumlah penari yang mencapai 20-an orang, sehingga kami sebut tari Rejang Renteng," tuturnya.

Baca: Braaakkk! Pohon Tumbang Tewaskan Pengendara Motor

Baca: Gara-gara Dicabuli Ayah Tiri, Bocah SD Ini Terjangkit Herpes

Angga menambahkan, tari Rejang biasanya dibawakan oleh lima penari wanita. Tapi, kali ini dibawakan secara massal.

Para penari ini berpenampilan sederhana dengan mengenakan busana umat Hindu dengan atasan putih dan bawahan kuning. Juga selendang kuning yang dilitkan pada badannya.

Ketua Parisadha Kabupaten Pringsewu I Nyoman Dastan mengatakan, tari Rejang merupakan tari untuk berbakti kepada dewata. Melasti adalah upacara untuk membersihkan diri dari semua kotoran.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengatakan, Pringsewu yang luasnya mencapai 625 kilometer persegi ini tidak mempunyai laut. Jadi Melasti di sini tidak bisa dilaksanakan di laut, melainkan Sungai Way Sekampung. (*)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved