Peduli Tuberkulosis, Diskes Mesuji Gelar Gerebek TB

Dia mengatakan, dengan memperkuat gerakan ini, berarti Pemkab Mesuji bersama masyarakat telah memulai gerakan hidup sehat.

Tribun Lampung/Endra Zulkarnaen
Gerebek TB di Mesuji 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnaen

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Dinas Kesehatan Mesuji melalui puskesmas mengadakan kegiatan peduli Tuberkulosis (TB) di Kecamatan Rawajitu Utara, Kamis, 15 Maret 2018.

Plt Kadiskes Mesuji Ardi Umum mengatakan, kegiatan ini dinamakan Gerebek TB (Gerakan Berani Kepung Tuberkulosis). Salah satu tujuannya untuk membentuk Desa Peduli TB.

"Dengan dibentuknya Desa Peduli TB ini, harapannya penyebaran penyakit TB dapat diminimalisasi," terang Ardi.

Dia mengatakan, dengan memperkuat gerakan ini, berarti Pemkab Mesuji bersama masyarakat telah memulai gerakan hidup sehat.

Baca: Soal Polemik Iuran Rp 500 Ribu, Begini Kata Ketua Karang Taruna Way Halim

Baca: 55 Tahun Berkutat dengan ALS, Ternyata Ini Rahasia Hidup Panjang Stephen Hawking

"Diperlukan kerja sama antara pemangku kebijakan dengan masyarakat dalam hal pembuatan regulasi yang mendukung program tuberkulosis dan bermanfaat untuk masyarakat agar terhindar dari penyakit," tandasnya.

Analisis Kesehatan Puskesmas Desa Sungai Sidang Isnul Wanity Adhini mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah menggalang komitmen masyarakat dimulai dari pasien TB yang sudah sembuh maupun sedang dibina. 

"Dengan adanya pos dan kader ini, diharapkan dapat mempermudah akses untuk menjaring atau menemukan pasien TB aktif sebagai penghubung antara masyarakat dan puskesmas," ungkapnya. (*)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved