Pelaku Perzinaan Bisa Dijerat Pasal Asusila?

Garis besarnya, dalam proses peradilan pidana sangat dimungkinkan dalam satu peristiwa hukum terdapat beberapa tindak pidana.

Pelaku Perzinaan Bisa Dijerat Pasal Asusila?
Tribun Lampung
Ilustrasi perzinaan 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Kepada Yth Pimpinan LBH Bandar Lampung. Saya mau tanya, apakah pelaku perzinaan bisa dijerat pasal asusila? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Pengirim: +6285779854xxx

Dimungkinkan Jika Dilakukan di Muka Umum

Kami akan menguraikan perbedaan perzinaan dan asusila. Perzinaan dapat dikenakan pasal 284 KUHP.

Artinya, perzinaan adalah perbuatan pidana apabila seorang laki-laki ataupun perempuan yang sudah menikah melakukan perselingkuhan dengan lawan jenisnya dan melakukan persetubuhan serta harus adanya laporan/pengaduan dari pasangan salah satu pihak.

Ditambah perbuatan perzinaan itu dilakukan suka sama suka, tanpa adanya paksaan dari salah satu pihak.

Selanjutnya kami uraikan persoalan asusila yang diatur dalam pasal 281 KUHP yang mana harus memenuhi unsur perbuatan itu dilakukan di muka umum atau ruang terbuka dengan cara melanggar kesopanan, perbuatan cabul, dan lainnya.

Oleh karena itu, pertanyaan Anda belum cukup jelas untuk menerangkan dalam peristiwa seperti apa perzinaan itu dilakukan sehingga bisa menjadi peristiwa asusila.

Garis besarnya, dalam proses peradilan pidana sangat dimungkinkan dalam satu peristiwa hukum terdapat beberapa tindak pidana. Jadi apabila perbuatan zina itu dilakukan di muka umum, dimungkinkan untuk dijerat pasal asusila.

CHANDRA BANGKIT S 

Kadiv Ekosob LBH Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved