Public Service

Mana Yang Didahulukan Sidang Etik atau Peradilan?

Saya mau tanya jika polisi melakukan tindak pidana, manakah yang didahulukan sidang etik atau peradilan umum dulu?

Mana Yang Didahulukan Sidang Etik atau Peradilan?
Tribun Jambi

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - ‪YTH LBH Bandar Lampung. Saya mau tanya jika polisi melakukan tindak pidana, manakah yang didahulukan sidang etik atau peradilan umum dulu? Terima kasih atas penjelasannya.‬

‪Pengirim: +6281969546xxx


Diproses Pidana Walaupun Telah Menjalani Sanksi Disiplin

TERIMAKASIH atas pertanyaan anda, kami akan menguraikan pertanyaan anda. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia itu tunduk pada kekuasaan peradilan umum seperti halnya warga sipil pada umumnya.

Demikian yang disebut dalam Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa anggota Kepolisian RI merupakan warga sipil dan bukan termasuk subjek hukum militer.‬

‪Namun, karena profesinya anggota Polri juga tunduk pada Peraturan Disiplin dan Kode Etik Profesi yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca: Usai Setubuhi Bocah SMP Dua Kali, Kakek Ini Foto Korban Saat Bugil

Sedangkan, kode etik kepolisian diatur dalam Perkapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia.‬ Oleh karena itu Polri harus menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang berhubungan dengan tugas kedinasan maupun yang berlaku secara umum.

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Hingga Dikabarkan Bangkrut, Mulan Jameela Kini Banting Setir?

Halaman
12
Tags
Polri
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved