Pasar Modern BSD City Jadi Percontohan Pengelolaan Pasar di Lampung

Guna meningkatkan kualitas pengelolaan pasar tradisional, Kementerian Perdagangan menggelar acara Forum Group Discussion SNI Pasar

Pasar Modern BSD City Jadi Percontohan Pengelolaan Pasar di Lampung

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Guna meningkatkan kualitas pengelolaan pasar tradisional, Kementerian Perdagangan menggelar acara Forum Group Discussion SNI Pasar dan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pengelolaan Pasar di Hotel Horison Lampung, Kamis (22/3).

Baca: Artis FTV Adik Irwansyah Digugat Cerai Istri Karena Punya Anak dari Selingkuhan?

Kementerian Perdagangan menggandeng Sinar Mas Land dalam membuat model atau prototipe standardisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar, dengan mengadopsi Pasar Modern BSD City.

Dalam acara tersebut, Sinar Mas Land yang diwakilkan oleh Ilham Wahyudi menjadi salah satu narasumbernya, dengan tema yang dibawakan adalah “SOP Pengeloaan Pasar Rakyat”. Acara ini dihadiri pula oleh Jajaran Dinas Provinsi Lampung, dan sekitar 50 orang pengelola pasar.

Baca: Polisi Diminta Tindak Oknum Ojek Gunakan HP di Jalan

Ilham menjelaskan, model yang disampaikan pada kesempatan tersebut akan menjadi acuan, atau standar operasional prosedur (SOP) pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah.
Pemerintah sendiri menargetkan revitalisasi 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.

"Adapun Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City, Tangerang, pada tahun 2004 diatas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan demi menampung pedagang-pedagang kecil dan menengah sekaligus mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City," jelasnya dalam rilis.

Pasar Modern BSD City yang pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

"Sinar Mas Land sendiri melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya, telah membina sekitar 3.000 UMKM," imbuhnya. (ana/*)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved