Pilgub Lampung 2018

ASN "Like" Instagram Herman-Sutono, Begini Rekomendasi Sanksi dari Panwaslu

Panwaslu Bandar Lampung mengeluarkan rekomendasi sanksi teguran bagi oknum aparatur sipil negara.

ASN
Net
Ilustrasi

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG BENI YULIANTO

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Panitia Pengawas Pemilu Bandar Lampung mengeluarkan rekomendasi sanksi teguran bagi oknum aparatur sipil negara di lingkungan pemkot setempat.

Oknum ASN itu kedapatan membubuhkan tanda "like" di akun kampanye media sosial Instagram milik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung Herman HN-Sutono.

Rekomendasi sanksi ini keluar dalam rapat pleno di kantor Panwaslu Bandar Lampung, Senin (26/3/2018). Panwaslu meneruskan rekomendasi itu kepada Komisi Aparatur Sipil Negara.

"Kami sudah memplenokan kasus oknum ASN yang meng-like Instagram paslon," kata Ketua Panwaslu Bandar Lampung Candrawansyah.

"Hasil pleno akan kami rekomendasikan kepada KASN, Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), dan Inspektorat," ujarnya.

Candra menjelaskan, rekomendasi tersebut berupa teguran atau pembinaan.

"Seperti apa bentuk pembinaan atau tegurannya, kami serahkan kepada lembaga tersebut," katanya.

Meskipun sanksinya berupa teguran, Panwaslu berharap kasus ini menjadi contoh bagi ASN lain agar tidak bertindak serupa.

"Harapannya, ini jadi contoh agar ASN lainnya tidak melakukan hal serupa, termasuk meng-like kampanye calon di medsos. ASN harus benar-benar menjaga perilaku dalam hal politik praktis," harap Candra.

Selain itu, terkait alat peraga liar cagub-cawagub yang masih menjamur di Bandar Lampung, pihaknya kembali mengirim surat kepada pemkot setempat. Isinya, permintaan agar polisi pamong praja mencopot APK yang pemasangannya tak sesuai aturan tersebut.

"Masalah APK yang menjamur, kami kirim surat lagi pada hari ini (Senin) kepada pemkot agar memerintahkan Pol PP menurunkan APK-APK yang tidak sesuai dengan zona kampanye," jelas Candra.

Penulis: Beni Yulianto
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved